10 fakta OPPO setelah 5 tahun di Indonesia

0
penjualan smartphone oppo kalahkan samsung

Diva says – 10 fakta OPPO di Indonesia sejak 2013. OPPO merayakan 5 tahun eksistensinya di Indonesia. Masuk pertama kali pada 17 April 2013, OPPO sekaligus memperkenalkan produk teranyarnya, F7 yang dilengkapi artificial intelligence dan kamera depan beresolusi 25 megapiksel.

Tak hanya memperkenalkan OPPO F7 yang diklaim sebagai smartphone terkeren saat ini, produsen smartphone asal China itu juga memaparkan pencapaian-pencapaian yang mereka sebut ‘membanggakan’, yang terangkum dalam 10 fakta OPPO di tanah air.

Berikut 10 fakta OPPO sekaligus pencapaiannya selama 5 tahun mengekspansi pasar smartphone di Indonesia,

10 fakta oppo

1. Sudah 5 tahun di Indonesia

OPPO hadir di Indonesia sejak 17 April 2013. Produk smartphone pertamanya yang dibawa kala itu adalah OPPO Find 5. Kala itu OPPO sudah berani menghadirkan smartphone dengan harga yang mahal, padahal produk buatan China terbukti kerap kopi paste desain smartphone ternama. Namun OPPO tetap pede karena pembuatan produk mereka diklaim tidak main-main

2. Duduki posisi 2

Sejak 2016, OPPO mulai kelihatan ‘gigi’nya. Tak hanya menggarap pasar premium tapi juga kelas menengah. Akhirnya tahun tersebut, dia mampu menduduki posisi nomor dua di pasar smartphone Indonesia. Tahun ini OPPO mengklaim telah meraih pangsa pasar 22,9 persen atau naik sekitar 6,3 persen dibanding tahun 2016 yang hanya 16,6 persen.

3. Ratusan OPPO store dan Service Center

Dalam lima tahun kemunculannya di Indonesia, OPPO mengklaim telah memiliki 226 OPPO Store ditambah dengan 115 Service Center.

4. Total 45 model smartphone

Dalam kurun waktu tersebut pula, sejak 2013 sampai 2018, OPPO telah mengeluarkan total 45 model smartphone yang dijual untuk pasar tanah air. Dimulai dengan OPPO Find 5 dan yang terbaru adalah OPPO F7.

5. Kuasai hak paten termasuk Notch

Sampai Januari 2018, di seluruh dunia, OPPO telah memiliki sekitar puluhan ribu hak paten. Lebih dari 300 hak paten adalah terkait dengan teknologi artificial intelligence, sedangkan 20.522 hak paten terkait dengan teknologi dan desain smartphone secara umum. Salah satu yang menghebohkan, ternyata OPPO lebih dulu memiliki hak paten desain smartphone berponi (notch) yang kini diklaim oleh iPhone X.

10 fakta oppo

6. 6 pusat riset

OPPO mengklaim, selama perusahaannya berdiri di negara tembok China, sampai sekarang mereka sudah mendirikan sekitar enam pusat riset dan pengembangan (R&D) yang tersebar di beberapa benua. Selain China ada juga di Silicon Valley, Amerika. Lengkapnya, di Dongguan, Shenzhen, Shanghai, Beijing, Yokohama dan Silicon Valley.

7. Kamera AI pertama

OPPO menegaskan berkali-kali kalau mereka tidak ingin mengikuti tren. Mereka wajib untuk menciptakan tren, membuat semua kompetitor di industri smartphone mengekor apa yang mereka ciptakan. Oleh karena itu mereka kerap menghadirkan smartphone yang tidak biasa, seperti dual kamera wide angle pertama di OPPO F3, lalu AI di OPPO F7, dan lainnya.

8. Santai hadapi Samsung

Meski telah menduduki posisi 2 di pasar smartphone Indonesia namun OPPO tidak pernah muluk-muluk. Bahkan mereka selalu menanggapi santai saat ditanya target untuk mengalahkan Samsung. Namun begitu, perlahan tapi pasti, OPPO selalu menguntit posisi Samsung.

9. Punya selfie squad

OPPO merupakan yang pertama memiliki pasukan selfie (selfie squad) atau yang bisa juga disebut sebagai selfie experts, yang terdiri dari influencer dan juga artis ternama. Dalam setiap peluncuran smartphone-nya, selalu terlihat wajah-wajah seperti Robby Purba, Morgan Oey,  Raline Shah, Reza Rahadian, dan tentu saja Chelsea Islan yang kini menjadi brand ambassador OPPO. Sebelumnya OPPO menggunakan karakter penyanyi seperti Raisa dan Isyana Saraswati.

10. Ekspansi ke Eropa

Usai taklukkan Indonesia, OPPO berencana untuk terus memperluas ekspansinya ke seluruh dunia. Januari 2018 lalu, OPPO mengaku sudah mulai menjajakan produknya ke Jepang, yakni R11s. Bahkan sebelumnya, pada November 2017, OPPO F5 sudah diperkenalkan di Rusia. Ekspansi ke Eropa akan terus digeber OPPO tahun ini.

10 fakta oppo
OPPO F7 Diamond Black

Simak live report kami saat peluncuran OPPO F7 di Indonesia kemarin.

Atau kamu bisa langsung rasakan pengalaman pakai OPPO di sini


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan