Kalah tren, penjualan tablet makin turun

0
marketshare ipad

Diva says – Sebuah laporan yang dirilis oleh IDC pada Jumat lalu, menunjukkan hasil tentang penurunan pasar tablet selama kuartal ketiga 2018 sebesar 86%, dengan jumlah konkret yaitu 36,4 juta dari 39,9 juta. Perusahaan riset menyatakan, penjualan tablet jenis slate mencapai 31,6 unit. Sedangkan penjualan jenis tablet yang dapat dilepas mencapai 4,8 juta unit. Kedua kategori tersebut masing-masing mengalami penurunan sebanyak 7,9% dan 13,1% dari tahun ke tahun.

Lauren Guenveur, tim analisis riset senior IDC Tablet mengatakan, “Pasar gagal melihat pertumbuhan pada tahun 2018. Tren mengkhawatirkan telah mengganggu kategori sejak tahun 2016. Pada bulan Oktober, kami akhirnya melihat pembaruan Apple iPad Pro dan Microsoft Surface Pro yang sangat dinanti, serta produk baru oleh Samsung dan Google yang menuntun kita untuk percaya bahwa kuartal terakhir tahun ini akan mengubah kategori tablet yang dapat dilepas, setidaknya untuk saat ini.”

Menurut data statistik IDC, kuartal ketiga hanya bermanfaat bagi Huawei. Sementara itu, Amazon hanya berhasil mengikuti statistik tahun lalu. Bagi Apple, Samsung, Lenovo, dan lainnya tingkat pengiriman menurun ketika melihat angka dari tahun ke tahun. Lenovo dan Samsung melihat penurunan pengiriman terbesar.

Dilansir dari neowin.net, Guenveur juga menjelaskan, beberapa merek besar merilis produk baru mereka pada bulan Oktober tepat pada musim liburan. Kuartal selanjutnya, benar-benar menunjukkan kesehatan umum pasar tablet, karena orang-orang membeli sebagai hadiah.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan