Driving Mode di Oppo F11, yang bikin nyaman berkendara

0
driving mode oppo f11

Diva says – Sejak smartphone mulai melekat di tangan para penggunanya, tidak sedikit orang yang membawa gadget tersebut saat berkendara. Yang mengherankan, data kepolisian Indonesia menyebut jika kecelakaan di yang terjadi di jalan raya tanah air hampir didominasi oleh penggunaan smartphone saat berkendara.

Data Korlantas Polri menyebut jika sejak 2014 sampai 2018, jumlah kecelakaan yang menimpa millennial dikarenakan kurang cakapnya mereka dalam berkendara, dan juga karena mereka lebih fokus terhadap telepon genggamnya saat menyetir, ketimbang memperhatikan jalan.

Menelepon saat berkendara, atau mendengarkan musik, memperhatikan GPS di smartphone, atau sekedar melihat notifikasi telepon atau sms yang masuk, merupakan rangkaian aktivitas yang mampu membuyarkan konsentrasi pengemudi. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah fitur di smartphone yang bisa mendukung penggunanya bisa nyaman dan fokus berkendara.

driving mode oppo f11

Smartphone terbaru Oppo, seri F11, memiliki fitur tersebut, dinamakan driving mode atau riding mode. Fitur ini ada di menu Pengaturan, tepatnya di Smart Service. Jika diaktifkan, fitur ini akan membisukan semua notifikasi yang ada, termasuk panggilan telepon dan pesan WhatsApp.

Cara mengaktifkannya cukup mudah. Buka menu Pengaturan, lalu cari Smart Service. Klik Smart Driving. Di fitur tersebut ada Driving Mode dan Riding Mode. Bedanya, jika driving mode diaktifkan maka Bluetooth akan aktif dan bisa dikoneksikan dengan perangkat ber-bluetooth lainnya yang ada di kendaraan.

Pembisuan notifikasi ini sangat efektif untuk membuat tetap fokus berkendara. Jika anda memang menunggu panggilan penting, bisa diatur panggilan masuk berdering dari nomor yang dipilih saja. Misalnya dari pasangan atau orang tua. Jadi saat anda berkendara, smartphone hanya akan berdering jika panggilan masuk dari nomor-nomor yang anda perbolehkan tersebut.

Nomor panggilan masuk yang dibisukan juga menghadirkan dua pilihan, tolak atau terima. Jika panggilan ditolak, maka sebuah SMS akan dilayangkan ke penelepon tersebut. Isi SMS harus lebih dulu diketikkan sebelum menggunakan fitur ‘Jawab dengan SMS’.

Sedangkan Riding Mode, biasanya untuk pengguna yang naik sepeda atau motor. Jika diaktifkan, semua notifikasi akan dibisukan, kecuali panggilan masuk.

Fitur ini sangat bisa diandalkan oleh para pengemudi, apalagi menjelang mudik beberapa hari lagi.

 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan