5 Kelebihan Realme C1 Buat Cewe yang Baru Pakai Smartphone

0
realme c1

Diva says – Kalau ditanya, smartphone apa yang keren dan paling terjangkau saat ini, jawabannya sudah pasti Realme C1. Kenapa bisa gitu? Cari saja di konter hape dan buktikan kalau jawaban saya benar.

Kalau anda melihat wujud asli Realme C1 dari kejauhan, tidak tampak bedanya dengan Realme 2 dan Realme 2 Pro yang harganya lebih mahal sekitar Rp2 jutaan. Dibanderol harga Rp1,4 juta, Realme C1 punya beberapa fitur yang masih bisa diandalkan, khususnya buat kamu para wanita yang baru pakai smartphone.

Beda Realme C1 dengan Realme 2 adalah dari sisi desain. Keduanya mengusung Notch yang cukup lebar, tapi bodi bagian belakang Realme 2 berbentuk mirip dengan potongan berlian. Sedangkan jika dibandingkan dengan Realme 2 Pro, selain bodi potongan berlian, 2 Pro juga memiliki notch yang kecil mirip dengan tetesan air (water drop).

realme c1

Berikut 5 hal yang harus kamu tahu, yang bakal bikin kamu ga nyesel pilih Realme C1.

Desain ga malu-maluin

Desain dari Realme C1 ini cukup menarik perhatian karena memiliki look yang premium. Desain ini kabarnya memiliki 12 lapisan laminasi nanoscale, ditambah 2.5D back plate, untuk build quality yang lebih kuat dan lebih tahan terhadap goresan. Electroplated rear cover memastikan permukaan yang menawan dan lembut, dengan konduktivitas yang lebih baik dan tahan panas. Mudah-mudahan sih ga sampai meleduk kalo dicas kelamaan, ya.

Ink printing memberikan efek 3D yang memukau. Elegant microarc dengan lekukan yang lebih besar di bagian tengah memberikan keseimbangan estetika dan kenyamanan genggaman. Untuk ketersediaan warna, Realme C1 hadir dalam dua warna, Mirror Black & Navy Blue.

Layar besar

Dari segi layar, Realme C1 tidak terlihat seperti smartphone dengan harga dibawah Rp 2 juta. Realme C1 merupakan smartphone pertama dikelasnya yang hadir dengan layar notch 6.2 inci rasio 19:9 atau 88.8 persen, serta memiliki resolusi HD+ atau 720 x 1520 p. Untuk ukuran bezel, Realme C1 terhitung memiliki bezel tipis dengan ukuran screen to body 2.05mm. Layarnya juga mengusung Corning Gorilla Glass yang merupakan jaminan mutu untuk proteksi display smartphone.

Tidak ada sensor fingerprint namun Realme C1 dilengkapi dengan Face Unlock yang berfungsi cukup baik dalam keadaan cukup cahaya. Sedikit tips, sensor akan cukup akurat mengenali wajah anda dalam keadaan mata terbuka lebar.

Baterai tahan lama

Kapasitas baterai yang digunakan yakni 4230 mAH. Pengguna dapat menggunakan smartphone ini sebagai daily driver yang memberikan keleluasaan untuk multi-tasking, bermain game, mengambil foto atau memutar video seharian tanpa takut baterai akan cepat habis.

Dalam pengujiannya, Realme C1 bisa melakukan panggilan telepon nonstop selama 44 jam. Untuk penggunaan musik bisa dilakukan selama 18 jam, menonton video selama 15 jam dan bermain game selama 10 jam. Semua dalam keadaan terkoneksi wifi. Jika digunakan untuk membrowsing internet dengan update 10 detik sekali, C1 bisa bertahan sampai 18 jam.

realme c1

Meski tidak mengusung fast charging maupun VOOC layaknya Oppo, Realme C1 juga tergolong cepat dalam urusan pengecasan. Dalam pengujian, pengecasan dengan adapter 10W bisa membuat Realme C1 terisi penuh dalam kurun 2,5 jam sampai 3 jam.

Menariknya, Realme juga telah memberikan fitur AI Power Manager, yang notabene telah ada di Realme 2 dan Realme 2 Pro. Fitur ini cukup memberikan keleluasaan pada sistem untuk mengoptimalisasi konsumsi daya dari aplikasi dan juga mengontrol jumlah inti prosesor untuk menghindari daya yang terbuang secara berlebih (power waste)

Dual kamera

Realme C1 memiliki dua kamera dengan kedalaman sensor masing-masing 13 megapiksel dan 2 megapiksel. Resolusi paling kecil digunakan untuk mendukung foto bokeh dalam mode portrait. Dengan obyek yang dipenuhi cahaya cukup, C1 mampu menangkap hampir semua detil yang ada, bahkan yang jaraknya jauh sekalipun. Mode lainnya adalah Auto HDR, Panorama, dan Time-Lapse. Tidak ketinggalan sticker untuk membuat hari anda lebih bersemangat dengan animasi lucu.

Kamera depan dengan sensor 5MP dapat menangkap warna dengan baik dengan objek selfie sekalipun. Namun lagi-lagi syaratnya adalah pencahayaan yang cukup. Usahakan untuk mengambil foto di bawah sinar matahari. Saat malam hari, kita benar-benar bergantung pada pencahayaan. Rekaman video mencapai maksimal 1080p tetapi hasilnya tidak terlalu tajam, dan tidak ada fitur stabilisasi.

Prosesor keren

Untuk performa smartphone Realme C1, Snapdragon 450 bukanlah chipset lemot. Performanya sangat mencukupi untuk berbagai kebutuhan dan jenis aplikasi. Chipset ini memiliki CPU Octa-Core 1.8 GHz dan menggunakan GPU Adreno 506. Hasil pengujian menggunakan benchmark AnTuTu, Snapdragon 450 pada Realme C1 bisa mendapatkan score rata-rata 56.000, hampir menyamai SoC Snadragon 625. Selain itu, performa Snapdragon Realme C1 yang memiliki CPU Octa-Core 1.8 GHz ini juga memiliki kelebihan mempercepat kinerja grafis dengan konsumsi daya yang minim.

Memori yang diusungnya memiliki kapasitas yang cukup untuk sebuah smartphone entry level. Misalnya RAM 2GB dan ROM sebesar 16GB. Memori sebesar itu memang cepat habis. Storage internal akan tersisa 8.67GB dalam beberapa kali penyimpanan karena aplikasi yang memakan ruang. Apalagi jika menginstall game macam PUBG.

Terdapat microSD di dalamnya yang bisa meningkatkan ruang penyimpanan sampai 256GB.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan