Life

Waspada! Phishing Bawa-bawa Film Nominasi Piala Oscar

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Academy Awards atau piala Oscar telah memasuki perayaan ke-96. Meski sudah lumayan tua, namun kompetisi industri film Hollywood ini selalu menarik perhatian penggemar. Tidak heran jika nominasi film Oscar kerap digunakan untuk melakukan phishing atau penipuan.

Piala Oscar sendiri berlangsung 10 Maret 2024 waktu Amerika. Oppenheimer memimpin dengan 13 nominasi, diikuti oleh Poor Things dan Killers of the Flower Moon dengan masing-masing 11 dan 10 nominasi. Fenomena ini tidak luput dari perhatian para penipu online yang memanfaatkan rasa ingin tahu para penggemar.

XL Axiata dan Alita Kolaborasi Untuk Luncurkan Solusi "XL Axiata Akses Sehat"

Para peneliti di Kaspersky menemukan jika penipu membuat situs web phishing yang menjanjikan akses gratis ke film-film populer tersebut. Audiens yang tidak menaruh curiga, dan ingin menonton karya-karya terkenal, sangat mungkin terkecoh. Dampaknya, mereka akan kehilangan data pribadi.

Beberapa modus yang dilakukan para penipu online untuk mengelabui para penggemar film yang masuk nominasi Piala Oscar seperti:

film piala oscarStreaming film kerap dijadikan media phishing.

Membuat situs web streaming palsu

Untuk mendapatkan akses film gratisan, para penipu biasanya akan membuat situs streaming palsu. Dari situ, pengguna diminta untuk mendaftar dan berlangganan dengan memberikan informasi kartu kredit mereka. Sayangnya, setelah memasukkan detail pribadi, pengguna tidak menerima akses ke film tersebut, dan sebaliknya, informasi pribadi mereka jatuh ke tangan penipu.

File palsu, iming-iming unduh film Piala Oscar

Ada beberapa situs yang menawarkan beberapa opsi pengunduhan untuk sebuah film nominasi Piala Oscar, namun mengeklik tautannya tidak memulai pengunduhan. Sebaliknya, pengguna dialihkan ke halaman lain yang penuh dengan penipuan, seperti pemberian uang palsu atau pengundian hadiah. Terlibat dengan halaman-halaman ini dapat menyebabkan hilangnya data pribadi dan aset keuangan.

Kaspersky mengungkap bahwa para pengguna bisa saja terhindar dari penipuan phishing tersebut asal berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan saat membuka link yang diberikan penipu. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan, menurut pihak Kaspersky.

  1. Verifikasi keabsahan situs web. Sebelum melakukan streaming atau mendownload film, selalu periksa kredibilitas websitenya. Carilah review online atau gunakan platform terpercaya yang direkomendasikan oleh sumber sah.
  2. Berhati-hatilah terhadap tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Jika sebuah situs menawarkan akses gratis ke film yang sedang tayang di bioskop atau baru saja dirilis, kemungkinan itu adalah penipuan. Ketika akses film “gratis” mengharuskan memasukkan rincian bank, seseorang harus memperlakukan situs tersebut dengan hati-hati.
  3. Melakukan pencarian review atau komentar tentang website. Pengalaman pengguna lain dapat memberi Anda gambaran bagus tentang apa yang diharapkan dan apakah situs tersebut aman untuk digunakan.
  4. Pertimbangkan untuk menggunakan solusi keamanan yang andal. Lindungi perangkat Anda dengan menginstal perangkat lunak antivirus dan alat keamanan web terkemuka.

author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Lewat Kampanye ‘Inspire Inclusion’, Under Armour Indonesia Rayakan Hari Perempuan Internasional 2024
Life

Lewat Kampanye ‘Inspire Inclusion’, Under Armour Indonesia Rayakan Hari Perempuan Internasional 2024

Gadgetdiva – Under Armour Indonesia dengan bangga turut serta dalam perayaan Hari Perempuan..

XL Axiata dan Alita Kolaborasi Untuk Luncurkan Solusi "XL Axiata Akses Sehat"
Life

XL Axiata dan Alita Kolaborasi Untuk Luncurkan Solusi "XL Axiata Akses Sehat"

Gadgetdiva – Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) nomo..

Tri Suarakan #MudahnyaKebaikan di Bulan Ramadan Lewat Sedekah Kuota
Life

Tri Suarakan #MudahnyaKebaikan di Bulan Ramadan Lewat Sedekah Kuota

Gadgetdiva – Melalui merek Tri, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) telah meluncur..

Ada Iqbal Ramadan di Indosat Freedom Internet
Life

Ada Iqbal Ramadan di Indosat Freedom Internet

Gadgetdiva.id — Ada sesuatu yang baru di kampenye Indosat IM3 kali ini, yakni kehadiran Iqb..


;