ISOPLUS Run 2024 Ingatkan Pentingnya Asupan Protein dan Cairan Sebelum Race

ISOPLUS Run 2024 Ingatkan Pentingnya Asupan Protein dan Cairan Sebelum Race
Life

ISOPLUS Run 2024 Ingatkan Pentingnya Asupan Protein dan Cairan Sebelum Race

Isoplus Run Digelar di Dua Kota

Isoplus Run Digelar di Dua Kota # Sumber : GadgetDiva.id

GadgetDiva – Gelaran lari kini makin ramai peminatnya. War ticket atau berebut beli tiket lari kini tidak kalah dengan berebut tiket konser band musik idaman. ISOPLUS akan mengulang sukses di tahun 2023, dengan kembali menggelar perlombaan lari berskala nasional, ISOPLUS Run Series 2024.

Berbeda dengan gelaran pertamanya, tahun ini ISOPLUS Run akan diadakan di dua kota besar Indonesia yaitu Jakarta pada 6 Oktober 2024 dan Surabaya pada 20 Oktober 2024.

Diskriminasi TikTok Terhadap Influencer: Beda Warna Kulit, Beda Bayaran

Bagi yang ingin mengikuti ISOPLUS RUN, diharapkan bersiap war ticket-nya pada 3 Juli 2023. Dengan mengusung tema "Unlock Your Greatness", ISOPLUS Run menawarkan berbagai kategori lari seperti 5K, 10K, Half Marathon, dan Kids Dash.

Banyaknya kategori yang dihadirkan merupakan jawaban dari ISOPLUS dalam memfasilitasi semua orang, mulai dari pelari pemula hingga profesional runners, untuk menjalani gaya hidup sehat dan aktif.  Seperti kita ketahui, kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya kesehatan dan kebugaran belakangan makin meningkat terutama pasca pandemi Covid-19x

Sebanyak 12.000 tiket akan dijual online melalui laman resmi http://www.isoplusrun.com dan registrasi mulai dibuka tanggal 3 Juli 2024 mendatang.

Biaya pendaftaran ISOPLUS RUN 2023 dibanderol dengan harga Rp 150.000,- untuk Kids Dash, Rp 300.000,- untuk 5K, Rp 400.000,- untuk kategori 10K, Rp 575.000,- untuk kategori Half Marathon.

Karena diselenggarakan di dua kota, ISOPLUS Run juga menyediakan pilihan bundling dua kota Jakarta & Surabaya. 10K Jakarta + 10K Surabaya di harga Rp 700.000,- dan 10K Jakarta + 21K Surabaya di harga Rp 875.000,-. Peserta akan mendapatkan race pack berisi produk senilai ratusan ribu rupiah, kaos jersey, nomor BIB, dan medali finisher. 

Menurut Joshua Gunawan, Marketing Manager Ready to Drink Beverages WINGS Group Indonesia, ISOPLUS Run Series kali ini yang hadir di dua kota menjadi pembeda penyelenggara event lari lain.

Dia menambahkan tahun ini running environment yang tantangannya berbeda dibanding tahun lalu, maka itu pihaknya menghadirkan program 21 Days Challenge dimana 50 peserta yang mendaftarkan diri di paket bundling dua kota memiliki kesempatan untuk mendapatkan training langsung dari profesional running coach.

"Mereka juga akan mendapatkan nutrition and hydration plan khusus selama 21 hari dari nutritionist. Kami memfasilitasi mereka yang ingin meraih personal best-nya dalam hal waktu maupun jarak yang ditempuh. Ini menjadi added value yang kami berikan bagi para ISOPLUS Squad,” ujar Joshua.

Dardityo ‘Didit’ Santoso, Race Director ISOPLUS Run Series, menyampaikan bahwa dengan cut off time yang menjadi lebih panjang, ISOPLUS Run Series ini berfokus pada safe and enjoyable environment sehingga event lari ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat seperti festival untuk para runners juga festival bagi keluarga.

Isotonic & Water Station di ISOPLUS Run Series juga berjumlah lebih banyak daripada event lari lainnya, untuk menyediakan #ExcellentHydration bagi para pelari. Didit menjelaskan dari sisi keamanan dan kenyamanan dari para pelari adalah prioritas event ini.

Dari sisi medis pun pihaknya akan membuat sistem agar para peserta dengan mudah dapat menghubungi tim medis di lapangan jika terjadi sesuatu padanya atau melihat sesuatu atau collapse terjadi pada pelari lain. "Kami akan menyediakan medic mobile dan medic statis, juga bekerja sama dengan rumah sakit - rumah sakit di sekitaran rute jika terjadi emergency, sehingga evakuasinya menjadi lebih cepat,” tambah Didit. 

Robert Sakti Sihombing, ISOPLUS Running Ambassador menyatakan ISOPLUS Squad punya spirit yang sama dengannya, bahwa event lari harus ada edukasi juga. "ISOPLUS sering mengadakan sesi edukasi atau pendampingan kepada para runners sehingga mereka menjadi semakin mengenal diri mereka sendiri," katanya. Robet menargetkan bisa mencapai personal best di kategori 10K Jakarta dan Half Marathon 21K Surabaya.

Tips Lari yang Aman dari Coach Andy

Andy Sugiyanto, pelatih profesional yang didaulat mengawal 21 Days Challenge mengingatkan untuk tidak FOMO (Fear of Missing Out) dalam mengikuti race lari, bahkan di kategori 5K. Menurut pria yang akrab disapa Coach Andy ini menjaga hidrasi tubuh sangat penting bukan saat lari saja tapi juga beberapa hari sehelum race.

"Asupan karbohidrat, energi, cairan dan protein harus diperhatikan selain persiapan fisik dengan disiplin latihan. Cairan cukup akan memaksimalkan volume oksigen dalam darah, bagaimana para pelari dapat meningkatkan personal best mereka dari satu event ke event lainnya," terangnya.

Coach Andy memberi tips dalam berlari menjaga endurance atau daya tahan tubuh, lari jauh maupun menengah. Pertama, mulailah dari jarak terkecil dahulu, step by step, mulai dari 5K, naik ke 10K, naik ke 21K, baru ambil yang Full Marathon 42K.

Kedua, dia mengingatkan bahwa level fitness dan record tiap orang berbesa, maka itu training programnya tidak bisa pukul rata. Nutrition and hydration plan selama 21 hari ini dirancang khusus untuk mendukung kebutuhan nutrisi para peserta lari terutama peserta lari 10K dan half marathon.

"Gizi yang baik diperlukan oleh pelari guna mengoptimalkan energi saat lari agar dapat finish excellent, dan membantu performa dan pemulihan mereka,” tandasnya.

Untuk perempuan, dia mengingatkan untuk paham kondisi tubuhnya terutama saat datang bulan. "Event lari kan sudah ada jadwalnya, kalau saat datang bulam kondisi tubuhnya tidak oke, hindari race yang jadwalnya sama dengan periode datang bulan. Tapi kalau pun sudah paham kondisinya, asupan protein dan cairan harus lebih diperhatikan lagi," jelasnya. 

Dia menyarankan jjuga agar menghindari makanan dan minuman yanh membuat sensi perut. "Karbo disesuaikan juga, jgn skip nasi, dibutuhkan sebagai sumber energi,  Karbo loading sdh dimulai 1-2 minggu sebelum race lari sehingha asupan 60-80% sudah terpenuhi," terang Coach Andy.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Herning Banirestu

Reporter

Memiliki pngalaman panjang sebagai jurnalis di Majalah SWA dan SWA.co.id, dengan jaringan kuat di berbagai industri bisnis, bukan saja di teknologi. Telah banyak menulis tokoh bisnis ternama dan CEO perusahaan besar baik lokal maupun global. Suka lari, baca, menulis dan melamun.

Artikel Terkait

Dokter Ini Sebut Anak SMP Bisa Kena Flek Hitam di Wajah karena Ponsel
Life

Dokter Ini Sebut Anak SMP Bisa Kena Flek Hitam di Wajah karena Ponsel

Postingan yang dibuat oleh seorang dokter itu mengatakan jika cahaya biru atau blue light yang dipan..

Diskriminasi TikTok Terhadap Influencer: Beda Warna Kulit, Beda Bayaran
Life

Diskriminasi TikTok Terhadap Influencer: Beda Warna Kulit, Beda Bayaran

Studi baru mengungkap perbedaan bayaran signifikan antara influencer berdasarkan warna kulit dan jen..

Indosat Gandeng Google untuk Perkuat Kerja Sama Strategis Teknologi AI di Indonesia
Life

Indosat Gandeng Google untuk Perkuat Kerja Sama Strategis Teknologi AI di Indonesia

Indosat Ooredoo Hutchison dan Google Indonesia perkuat kerja sama AI untuk transformasi digital di I..

Jajal Make-Up Virtual Pakai AI AR, Trafik ke Situs Wardah Naik 134%
Life

Jajal Make-Up Virtual Pakai AI AR, Trafik ke Situs Wardah Naik 134%

Fitur Virtual Try-On membawa banyak manfaat bagi brand, tidak hanya soal peningkatan trafik, tapi ju..


;