News

Forwat Technocamp 2024 Perkuat Kolaborasi dengan Industri Teknologi

post-img

Source : Forwat.id

GadgetDiva – Dalam rangka merayakan HUT ke-4 Forwat (Forum Wartawan Teknologi) yang jatuh pada 10 Maret, digelar acara Technocamp di Pondok Kapilih, Pancawati, Bogor. Acara ini bukan saja untuk mempererat hubungan anggotanya, juga dalam upaya memperkuat kolaborasi dengan pengelola merek, korporasi dan agency.

Di acara yang digelar pada 29-30 Mei 2024 itu, para awak media diajak berkemah, sesi diskusi, unboxing seri terbaru ponsel, review produk, dan kegiatan makin seru karena dibalut berbagai permainan dan lomba yang menyenangnya seperti lomba karaoke dan paint ball.

Telkomsel Makin Personalized dalam Berikan Reward ke Pelanggan

Forwat memahami industri media sedang terjadi perubahan yang sangat besar akibat perkembangan teknologi dan media sosial. Generasi baru lebih memilih menghabiskan waktunya di media sosial seperti Instagram TikTok atau X. Belakangan di industri media bertumbuh media-media yang hanya berbasis media sosial, tanpa landing page (website), yang dikenal dengan homeless media.

Workshop Mengenal Homeless Media di Technocamp2024

Source : Forwat.id

Untuk meningkatkan knowledge jurnalis tekno dalam memahami dan menyikapi perkembangan Homeless Media, pada Technocamp 20224 ini, dalam sesi Forwat Group Discussion bertajuk "Mengenal Lebih Jauh Homeless Media". Materi yang menarik ini disampaikan oleh Pemred Tek.id, Insaf Albert Tarigan yang berpengalaman mengawal salah satu paslon presiden pada Pemilu kemarin dan dipandu oleh Pimred Gizmologi, Bambang Dwi Atmoko. 

Albert mengajak para pelaku di industri media, terutama para jurnalis teknologi yang ada saat ini pun harus bisa menghadirkan berita dengan medium medsos. Cirinya, caption yang pendek tapi padat, foto yang 'bisa bercerita', namun tetap dengan memperhatikan etika jurnalistik.

Presentasi yang dipaparkan Albert dihadirkan dengan menggunakan laptop Lenovo Yoga 9 yang memiliki layar luas 14 inci. Dibekali Intel i7 1360P 2,2 GHz, ruang memorinya sangat luas karena mencapai 1TB SSD dengan RAM 16GB.

Selain itu juga digunakan laptop Lenovo Slim 5 yang mengusung layar 2.5K 165 Hz IPS 100% sRGB yang mendukung teknologi NVIDIA G-Sync, memberikan pengalaman visual sangat baik. Performanya mengandalkan AMD Ryzen 7040 Series berbasis Zen 4 yang modern. RAM sebesar 16 GB DDR5 5600 MHz, dan GPU GeForce RTX 40 Series. Juga dibantu RAM sebesar 16 GB DDR5 5600 MHz.Untuk penyimpanan, perangkat ini mendukung dua SSD M.2 PCIe Gen 4.

Technocamp merupakan event tahunan Forwat dan tahun ini yang kedua kali acara ini dgelar. Selain sebagai ajang silaturahmi dan pengembangan diri para jurnalis teknologi dari berbagai media massa, acara ini juga menjadi momen memperkuat kolaborasi dengan brand, korporat dan agency.

Jumlah pesertanya Technocamp 2024 mengalami peningkatan sekitar 30 persen dibanding tahun lalu, sebanyak 60 orang. Angka ini berbanding lurus dengan jumlah anggota Forwat yang bertambah setiap tahunnya. Saat ini anggota Forwat telah berjumlah 110 anggota.

"Technocamp 2024 tahun ini mengalami peningkatan dari segala sisi. Tak hanya jumlah peserta tapi juga partner pendukung yang lebih banyak dari tahun kemarin. Kami yakin, ini merupakan pertanda untuk lebih banyaknya kolaborasi yang bisa dilakukan Forwat dengan industri teknologi di Indonesia ke depannya," ujar Ketua Umum Forwat, Danang Arradian.

Ketua Umum Forwat, Danang Aradian

Source : Forwat.id

Tak lupa, pria yang akrab dipanggil Cakdan ini menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk para peserta Technocamp yang telah mau meluangkan waktu untuk bersilaturahmi dan bersama mengembangkan diri. Demikian juga dengan para pendukung acara Technocamp. Mulai dari Sharp Electronics Indonesia, Telkomsel, Samsung Electronics Indonesia, Xiaomi, Lenovo, Tecno Indonesia, Huawei, iQOO, Indosat Ooredoo Hutchison, Smartfren, Axioo Indonesia, Tokopedia, OPPO, Bluebird Group, Telkom Indonesia, ADVO PR, Image Dynamics, Infomedia Nusantara, Komunikasee PR, Seqara Communication, Bening Communication, Blibli.com, Aukey, Canon Indonesia, Dell, Lazada, Banyu Communication, ASUS, DOKU, Carl Byoir, IRIS PR, Udari PR, Tim Delapan PR, Datascrip.

Perjalanan dari Jakarta menuju lokasi Technocamp 2024 di Kapilih Villa and Resort, Pancawati, Bogor terasa sangat nyaman karena menggunakan armada dari Bluebird. Dua bus dengan kapasitas 31 penumpang itu mengantarkan para peserta selama hampir 2 jam perjalanan. 

PT Blue Bird Tbk, melalui bus layanan pariwisatanya, Bigbird, dengan bangga mendukung kegiatan Technocamp yang diselenggarakan oleh Forwat. Selama 52 tahun, Bluebird hadir sebagai perusahaan transportasi terpercaya. Bluebird menyadari pentingnya peran media dalam mendukung keberlangsungan dan perkembangan perusahaan. 

Bluebird di acara Technocamp 2024

Source : Forwat.id

“Bigbird hadir untuk memberikan solusi perjalanan yang tidak hanya aman dan nyaman, tetapi juga terpercaya bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kami berkomitmen untuk menghadirkan Standar Nyaman Indonesia untuk kebutuhan mobilitas masyarakat, dengan armada yang terstandarisasi, pengemudi profesional yang dapat diandalkan, serta layanan terintegrasi untuk perjalanan yang menyenangkan dan bebas rasa khawatir. Dengan dukungan kami di acara Technocamp, kami berharap dapat berkontribusi positif, serta menjalin hubungan erat dengan komunitas media,” papar Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono.

Di Technocamp 2024 para jurnalis tekno juga mendapat kesempatan untuk menggunakan 3 varian smartphone Sharp, yakni Aquos R8s, Aquos R8 Pro, dan Aquos Sense 8. Aquos Sense 8 dirancang sebagai pilihan lebih terjangkau dengan dual kamera, namun tetap memiliki resolusi kamera utama yang tinggi dan fitur AI. Sedangkan Sharp Aquos R8s dan R8s Pro menonjol dengnan teknologi OIS serta sensor yang besar untuk kualitas gambar yang lebih baik, khususnya dalam kondisi cahaya rendah. Apalagi Dibekali sensor kamera 1 inch AQUOS R8s Pro dapat menangkap gradasi warna, cahaya, lebih sedikit distorsi dan gambar yang lebih nyata saat mengambil foto pemandangan ketika kemping.

Tecno Phantom V Flip 5G

Source : Forwat

Perempuan jurnalis teknologi juga bisa bergaya dengan menjajal ponsel lipat Tecno Phantom V Flip 5G. Casing warna ungu yang menutupi bodi ponsel lipat itu menarik perhatian perempuan jurnalis Forwat. Apalagi kameranya juga oke untuk berselfie ria. Memiliki kamera depan 32MP dengan fitur dual-flash AF serta dua kamera belakang dengan sensor utama 64MP (RGBW, f/1.7) dan lensa ultra-wide 13MP (f/2.2).

Malam hari aktivitas makin seru. Apalagi ada kegiatan outdoor berupa api unggun yang menambah keakraban sesama jurnalis. Di bawah langit malam yang diterangi bulan dan api unggun, momen kebersamaan ini terekam jelas lewat jepretan kamera Samsung Galaxy A55 5G. Nightography andalan di ponsel flagship juga bisa digunakan di sini.

Yang menarik, Technocamp 2024 menjadi ajang perkenalan smartphone Xiaomi terbaru, yang belum pernah dijamah oleh pihak manapun. Redmi 13 menjadi daya tarik para jurnalis tekno karena smartphone yang kabarnya memiliki harga terjangkau itu dibekali resolusi kamera 108 MP.

Acara yang penuh dengan keakraban ini diwarnai dengan banyak permainan dan outdoor activity. Hadiah dipersembahkan oleh banyak vendor, salah satunya AXIOO yang memberikan laptop idaman Gen Z, yakni AXIOO Hype 3.

AXIOO Hype 5

Source : Forwat.id

Axioo juga punya produk lain yaitu Hype 5 yang mengunggulkan performa tinggi, karena sudah dilengkapi prosesor Intel Core i5- 1035G4 generasi ke-10.  Selain itu juga didukung RAM 8GB DDR4 3200MHz dan ROM 256GB M.2 NVMe. Ditambah lagi dengan tampilan desainnya yang tampil premium, dengan area keyboard yang luas, desain hinge (agak terangkat) yang membuat posisi keyboard nyaman saat digunakan mengetik. Desain  hinge ini juga memberikan sirkulasi udara yang baik. Layarnya yang berukuran 14 inchi sudah berteknologi IPS.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Herning Banirestu

Reporter

Memiliki pngalaman panjang sebagai jurnalis di Majalah SWA dan SWA.co.id, dengan jaringan kuat di berbagai industri bisnis, bukan saja di teknologi. Telah banyak menulis tokoh bisnis ternama dan CEO perusahaan besar baik lokal maupun global. Suka lari, baca, menulis dan melamun.

Artikel Terkait

Starlink Malaysia Bisa Dipakai di Indonesia?
News

Starlink Malaysia Bisa Dipakai di Indonesia?

Starlink Malaysia dapat beroperasi di Indonesia, memicu respons dari pemerintah dan masyarakat. Apa ..

Telkomsel Makin Personalized dalam Berikan Reward ke Pelanggan
News

Telkomsel Makin Personalized dalam Berikan Reward ke Pelanggan

Setiap tahun Telkomsel melalui memberikan reward ke pelanggan dengan hadiah yang sudah ditentukan. ..

Pemerintah Ingin Buat Dewan Media Sosial, Apa Fungsinya?
News

Pemerintah Ingin Buat Dewan Media Sosial, Apa Fungsinya?

Dewan Media Sosial akan mengatur lalu lintas informasi di media sosial supaya mematuhi standar-stand..

RUU Polri Polisi Bisa Putus Internet, APJII: Repot!
News

RUU Polri Polisi Bisa Putus Internet, APJII: Repot!

Rancangan Undang Undang (RUU) Polri tengah ramai dibicarakan oleh masyarakat. Sebab, RUU tersebut ak..


;