GadgetDIVA - Tokopedia dan ShopTokopedia, dalam acara Summit pada 15 Januari 2025 di Jakarta, melaporkan peningkatan transaksi rata-rata 30 kali lipat bagi penjual yang memanfaatkan live streaming di TikTok. Melalui tren ini, mereka mengajak pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk memanfaatkan fitur promosi video pendek dan live streaming guna mendukung pertumbuhan perdagangan daring serta perekonomian Indonesia.
Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, menjelaskan bahwa era discovery e-commerce memungkinkan konten promosi berupa video memberikan pengalaman menarik yang memengaruhi keputusan pembelian. Acara seperti ShopTokopedia & Tokopedia Summit diadakan untuk memberdayakan penjual dan kreator, memfasilitasi kolaborasi industri, serta memberikan inspirasi dalam mendorong pertumbuhan bisnis lokal.
Melissa menyoroti sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia yang telah menjangkau lebih dari 200 juta pengguna di seluruh Indonesia, membuka peluang besar bagi jutaan penjual untuk memperluas pasar. Bahkan, riset menunjukkan sinergi ini berhasil meningkatkan pendapatan UMKM hingga 95%, menegaskan dampaknya dalam mendorong perekonomian tanah air.
Baca Juga
Advertisement
Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI, Iqbal Shoffan Shofwan, mengapresiasi inisiatif ini. Menurutnya, pelaku usaha adalah motor penggerak ekonomi, dan kegiatan seperti Summit memberikan wawasan penting agar UMKM dan kreator dapat beradaptasi dengan pesatnya era digital, mempercepat pertumbuhan usaha, serta mewujudkan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.
Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia memberikan banyak dampak positif bagi UMKM. Program seperti “Beli Lokal” berhasil meningkatkan penjualan UMKM hingga 70%, sementara kampanye “Ramadan Ekstra Seru” menggandakan transaksi UMKM. Inisiatif ini memperkuat ekosistem digital untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Melissa menambahkan bahwa Promo Guncang, salah satu program di platform mereka, mencatat peningkatan transaksi rata-rata 27 kali lipat. Kontribusi kolektif dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, media, kreator, dan mitra strategis, menjadi faktor penting dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui platform digital.
Baca Juga
Advertisement
Kolaborasi dengan TikTok membantu menciptakan ekosistem lebih kuat, memanfaatkan fitur seperti sistem rekomendasi personalisasi dan komunitas kreatif. Penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia dapat meningkatkan transaksi dengan memproduksi konten promosi video atau bekerja sama dengan kreator TikTok. Peningkatan rata-rata transaksi hingga 31 kali lipat tercatat pada penjual yang memanfaatkan strategi ini.
Ke depan, Tokopedia dan ShopTokopedia berkomitmen memperkuat sinergi melalui inovasi seperti pusat penjual terintegrasi, program afiliasi, dan solusi pemasaran yang menguntungkan. Kampanye seperti “Beli Lokal,” “Promo Guncang,” dan “Ramadan Ekstra Seru” terus dikembangkan untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan perekonomian Indonesia.
Baca Juga
Advertisement
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.