GadgetDIVA - ESG (Environmental, Social, Governance) tidak hanya tentang kepatuhan, melainkan juga tentang membangun budaya tanggung jawab sosial dengan melibatkan karyawan dalam memperkuat kinerja perusahaan dalam hal Lingkungan Sosial dan Tata Kelola (LST).
Karyawan Blibli Tiket, sebagai contoh, aktif terlibat dalam program Fashion Take Back di Hari Bumi 2024. Mereka menyadari bahwa limbah fesyen menyumbang kedua terbesar dalam pencemaran lingkungan di dunia, sehingga limbah fesyen seperti seragam dan pakaian bekas karyawan diolah oleh mitra ecopreneur melalui konsep ekonomi sirkular menjadi barang dengan nilai guna baru.
Pengembangan ekosistem ekonomi sirkular, yang salah satunya menargetkan industri fesyen, telah menjadi salah satu strategi dalam mencapai ekonomi hijau yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025 – 2045.
Baca Juga
Kerangka 9R (Rethink, Reduce, Reuse, Repair, Refurbish, Remanufacture, Repurpose, Recycle, Recover) menjadi pedoman dalam meminimalkan penggunaan sumber daya, mempertahankan daya guna material, dan bersifat regeneratif.
Strategi ini diharapkan memberikan manfaat besar bagi Indonesia pada tahun 2030 dalam aspek People dan Planet. Misalnya, penciptaan 4,4 juta lapangan pekerjaan baru, di mana 75% di antaranya akan diperuntukkan bagi kaum perempuan, serta pengurangan timbulan sampah sebesar 18-52% dan pengurangan emisi CO2 sebesar 126 juta ton atau setara dengan 9% tingkat emisi saat ini.
Dengan landasan tersebut, Blibli Tiket Action memulai program Fashion Take Back pada 22 April – 3 Mei 2024, bertepatan dengan Hari Bumi. Mengusung tema Blibli Tiket Action vs. Plastics, program ini melibatkan karyawan dan berhasil mengumpulkan 391,96 kg limbah fesyen internal selama dua minggu penyelenggaraan.
Baca Juga
Dalam kolaborasi dengan EcoTouch, program ini bertujuan untuk memanfaatkan kembali limbah fesyen yang terkumpul. Blibli Tiket juga aktif mengedukasi dan mengajak mitra dalam ekosistemnya untuk terlibat dalam inisiatif berkelanjutan melalui CollaborAction talk show & networking yang digelar setiap bulannya.
“Kami sangat bangga melihat antusiasme karyawan, baik dalam menyebarkan pengetahuan maupun dalam melakukan aksi nyata yang membawa dampak lebih besar bagi bumi,” ujar Yolanda Nainggolan, Head of Public Relations Blibli.
Selama tahun 2023, Blibli Tiket telah menerapkan sejumlah inisiatif ekonomi sirkular. Mulai dari peningkatan pengelolaan limbah dari 49% menjadi 59% melalui daur ulang, penggunaan kemasan bersertifikasi FSC yang ramah lingkungan hingga mencapai 94,8%, hingga pengolahan 8,6 ton limbah organik sisa makanan dan bahan pangan.
Semangat kolaborasi dengan pelanggan dan mitra juga digencarkan, dengan menghasilkan 40.000 kemasan bekas yang dikonversi menjadi donasi 4.000 bibit Mangrove dan penyelenggaraan acara tahunan Langkah Membumi.
“Kami melihat pentingnya mengubah pengetahuan menjadi tindakan nyata. Kami berharap untuk terus berkolaborasi dengan lebih banyak mitra dalam berbagai inisiatif keberlanjutan, serta membawa dampak positif yang lebih luas bagi planet dan masyarakat,” tutup Yolanda.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.
Tinggalkan Komentar...