WhatsApp Business Summit 2024 : Indonesia Pimpin Tren Perpesanan Bisnis

WhatsApp
WhatsApp

GadgetDIVA -  WhatsApp menyelenggarakan WhatsApp Business Summit (WABS) di Indonesia, yang merupakan edisi kedua acara ini di negara tersebut. Acara ini mengumpulkan UKM, perusahaan besar, dan pengembang untuk mengumumkan fitur-fitur baru yang bertujuan membantu bisnis memperkuat kehadiran mereka, menciptakan pengalaman percakapan yang menyenangkan, dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Fitur-fitur ini dirancang untuk mendukung kesuksesan bisnis dalam lingkungan digital yang berkembang pesat.

Indonesia memimpin dalam penggunaan perpesanan bisnis, dengan hampir 90% pengguna internet dewasa di negara ini mengirim pesan ke bisnis setidaknya seminggu sekali, melebihi rata-rata global yang sebesar 79,4%. Angka ini menyoroti peran signifikan WhatsApp dalam menghubungkan bisnis dengan konsumen dan mempermudah komunikasi mereka.

Pieter Lydian, Country Director Indonesia dari Meta, menekankan pentingnya perpesanan untuk bisnis lokal dan mendesak para pelaku bisnis untuk mengadopsi platform ini. Dengan 87% konsumen Indonesia lebih memilih perpesanan untuk berkomunikasi dengan bisnis, penting bagi bisnis untuk memanfaatkan WhatsApp dalam interaksi mereka dengan pelanggan modern.

WhatsApp telah memperkenalkan beberapa fitur baru untuk memudahkan operasional bisnis. Salah satunya adalah Verifikasi Meta, yang memberikan lencana terverifikasi pada profil bisnis di WhatsApp. Fitur ini meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memberikan dukungan tingkat lanjut serta akses multi-perangkat untuk karyawan bisnis.

Fitur baru lainnya adalah panggilan dalam chat, yang memungkinkan pelanggan melakukan panggilan langsung ke bisnis melalui WhatsApp. Saat ini masih dalam tahap uji coba, fitur ini akan segera diperluas untuk lebih banyak bisnis guna mempermudah koneksi antara pelanggan dan perusahaan.

WhatsApp juga mulai menerapkan teknologi AI pada platformnya untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan layanan bagi bisnis. Teknologi ini akan memungkinkan pembuatan iklan tanpa biaya tambahan dan akan terus disempurnakan sebelum diluncurkan secara global.

Meta bekerja sama dengan Boston Consulting Group (BCG) untuk survei mendalam mengenai perpesanan bisnis di Indonesia. Temuan survei menunjukkan bahwa lebih dari 90% bisnis di Indonesia menggunakan perpesanan di setiap tahap perjalanan konsumen, dari interaksi awal hingga keterlibatan jangka panjang.

Sebagai contoh, Kopi Kenangan memanfaatkan WhatsApp untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan penjualan. Dengan menggunakan iklan yang terhubung langsung ke WhatsApp, mereka mempermudah pelanggan untuk melakukan pre-order, menukarkan kode promosi, dan menerima notifikasi promosi, yang meningkatkan pemesanan hingga tiga kali lipat.

Benjamin Joe, Vice President Southeast Asia dan Emerging Markets dari Meta, mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki populasi digital terbesar keempat di dunia dan salah satu tingkat penetrasi mobile tertinggi. Dengan 88% orang Indonesia mengirim pesan kepada bisnis setidaknya sekali seminggu, perpesanan menjadi cara utama mereka berkomunikasi dengan bisnis, sebanding dengan komunikasi dengan teman dan keluarga.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.