Instagram Indonesia Boyong Fitur NFT ke Tanah Air

0
26
Fitur NFT

Gadgetdiva.id — Instagram Indonesia akhirnya luncurkan fitur NFT ke Tanah Air hari ini (5/8). Fitur ini dimaksudkan untuk bantu kreator dan kolektor NFT mempromosikan karya ke khalayak luas.

Dengan adanya Fitur NFT alias Non-Fungible Token, para kreator dapat secara langsung mengunggah karya NFT mereka langsung dari blockchain ke Instagram. Sehingga, para penggemar dapat mendukung kreator favorit mereka dengan membeli dan menampilkan koleksi NFT berupa seni, gambar, video maupun musik pada platform Instagram.

“Dengan fitur NFT di Instagram, kami ingin membantu para kreator dan komunitas NFT untuk menjangkau audiens yang lebih luas, serta memonetisasi koleksi digital mereka,” ungkap Pieter Lydian, Country Director untuk Meta di Indonesia.

Fitur NFT

Fungsi Fitur NFT di Instagram untuk kreator dan Kolektor

Ada beberapa hal yang dihadirkan Instagram dalam fitur NFT. Di antaranya adalah:

  • Menghubungkan dompet digital

 Setelah terhubung, kreator dan kolektor bisa memilih NFT dari dompet digital dan membagikannya di Instagram. Dompet digital yang kompatibel untuk digunakan pengguna Instagram saat ini adalah Coinbase, Dapper, Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet, dengan Phantom akan segera hadir. 

  • Berbagi koleksi digital

Setelah kreator atau kolektor memposting koleksi digitalnya, koleksi itu akan menampilkan efek berkilau dan informasi publik, seperti deskripsi NFT. Postingan juga akan terlihat di profil mereka. 

  • Penandaan otomatis dari kreator dan kolektor

Kreator dan kolektor dapat secara otomatis dikaitkan di postingan koleksi digital (tergantung pada pengaturan privasi mereka). 

Fitur NFT

Dalam peluncurannya ini, Instagram mengajak Ghozali Everyday yang beberapa waktu lalu sempat viral karena koleksi selfie NFT-nya untuk membawa koleksi edisi spesial. Kemudian, mengunggahnya dalam akun Instagram pribadi.

“Saya sangat senang dengan adanya fitur NFT di Instagram, karena fitur ini membuka akses yang lebih besar bagi kreator seperti saya untuk memperkenalkan dan mempromosikan kreasi digital yang kami buat,” ungkap Ghozali Everyday yang dikutip dari rilis yang diterima Gadgetdiva pada Jumat (5/8). 

Fitur NFT

Lebih lanjut Ghozali menerangkan, “Banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan platform Instagram setiap hari, dan saya berharap fitur ini bisa membantu masyarakat untuk lebih memahami dan akrab dengan NFT. Semoga fitur ini bisa mengakselerasi penggunaan NFT di Indonesia, terutama dengan maraknya kehadiran Metaverse.” 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini