Makin Tiru TikTok, Instagram Bakal Uji Coba Tampilan Feeds Lebih Panjang

0
25
Fitur Repost
Foto: Unsplash/Alex Bracken

Gadgetdiva.id — Instagram dikabarkan akan melakukan uji coba desain feeds lebih besar terutama dalam menampilkan foto. Hal ini disebabkan supaya menyesuaikan fitur reels-nya.

Beberapa waktu ini, Instagram sempat membuat heboh para penggunanya dengan tampilan desain barunya yang kontroversial. Meski perusahaan telah menghentikan pengerjaan desain ulangnya, namun tidak berarti mereka berencana untuk berhenti menyajikan konten dengan tampilan layar penuh.

Seperti yang dikabarkan oleh CEO Instagram Adam Mosseri dalam acara pribadinya Ask Me Anything. Petinggi Instagram tersebut menyatakan bahwa pihaknya akan mulai melakukan uji coba untuk foto berukuran ultra-tall alias super besar dengan ukuran 9:16 dalam waktu dekat ini.

Instagram
Foto: Unsplash/Maddi Bazzocco

Tampilan feeds Instagram dengan ukuran foto lebih tinggi

“Kamu dapat memiliki (tampilan) video yang tinggi, hanya saja kamu tidak dapat memiliki (tampilan) foto yang tinggi di Instagram. Jadi, kami pikir mungkin kami harus memastikan bahwa kami memperlakukan keduanya dengan setara,” ungkap Adam yang dikutip dari The Verge pada Jumat (5/8).

Instagram sendiri saat ini memiliki feeds yang dapat menampilkan ukuran foto vertikal sebesar 4:5, sebelumnya bahkan telah dipangkas. Namun, memperkenalkan dukungan untuk ukuran gambar 9:16 yang lebih ramping dan tinggi akan membuat tampilannya memenuhi seluruh layar saat kamu menggulir feeds aplikasi.

Desain ulang Instagram mirip TikTok ini sebelumnya sudah dikritik oleh beberapa fotografer. Mereka memaksa semua foto tampilan bingkai 9:16 ini. Feeds baru juga menambahkan gradien overlay ke bagian bawah postingan sehingga teks akan lebih mudah dibaca.

Instagram
Foto: Unsplash/Gabrielle Henderson

Selama masa uji coba desain ulang Instagram ini, Adam mengaku lebih dari sekali bahwa pengalaman layar penuh sebenarnya kurang ideal untuk menampilkan foto. Lantas, mengapa pihaknya tetap ingin menguji fitur tersebut?

Selanjutnya, data perusahaan menunjukkan bahwa desain Isntagram yang dirombak ini sangat tidak disukai oleh beberapa pengguna. Oleh sebab itu, pengguna mulai jarang menggunakan aplikasi.

“Saya pikir kita perlu mengambil langkah besar ke belakang, berkumpul kembali dan mencari tahu bagaimana kita ingin bergerak maju,” katanya dalam sebuah wawancara pekan lalu.

Instagram juga menyatakan bahwa mereka akan mengurangi jumlah rekomendasi yang ditampilkan kepada pengguna. Hingga, mereka lebih baik dalam memilih konten yang benar-benar dapat dinikmati.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini