dr. Helena Berbagi Cerita Tangani Kasus Sensitif Lewat Fitur Chat Alodokter
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Selasa, 23 Agustus 2022 - 10:12 WIB
Gadgetdiva.id — Telemedicine kini menjadi salah satu sarana yang cukup ampuh dalam menghubungkan antara pasien dan dokter. Tak terkecuali bagi dr. Helena, salah satu dokter dari Alodokter.
Menurut Helena, telemedicine sangat membantu komunikasi antara dirinya dengan sang pasien. Meski ia merasa tak ada bedanya penerapan konsultasi online maupun offline. Kuncinya memang cukup ada di komunikasi antara dokter dan pasien.
“Saat pasien ada keluhan, mereka sebatas tinggal kirim foto kepada kami, lalu kami analisa dan berikan diagnosis, terus sudah. Karena sama-sama anonim dan tidak tatap muka secara langsung, mereka jadi merasa lebih nyaman,” ujar dr. Helena Sunarja, SpOG.
Berkat adanya telemedicine ini, Helena menemukan bahwa pasien lebih nyaman untuk menjawab pertanyaan sensitif daripada saat bertemu tatap mata.
Topik sensitif ini biasanya membuat pasien tidak nyaman. Fitur anonimitas yang pada fitur chat, menurut Helena, berperan besar dalam perubahan perilaku pasien.
Meskipun mengantarkan diagnosis kepada pasien lewat telemedicine lebih menantang ketimbang bertemu tatap mata, hal ini tidak mematahkan semangat Helena. Dengan memaksimalkan dan memilih pertanyaan yang tepat saat anamnesis pasien, hal ini sudah membantu Helena dalam menganalisa penyakit dan diagnosis pasien sebanyak 80%. Walau ada beberapa faktor penting yang hanya tersedia dalam pemeriksaan secara langsung, telemedicine telah membuka jalur untuk Helena bisa membantu para pasien yang sebelumnya tidak memiliki akses yang mudah kepada layanan kesehatan.
Prioritaskan empati saat membalas chat lewat fitur Alodokter
Helena Sunarja alias dr. Helena ini telah beragabung dengan Aldokter sejak 2019 lalu. Dirinya berhasil mendapatkan review bintang 5 dari lebih dari 10.000 pengguna Alodokter.
Hal tersebut ia dapatkan karena penanganannya yang disukai oleh para pasien. Helena mengaku bahwa dirinya selalu memprioritaskan empati saat berbicara dengan pasien lewat fitur chat Alodokter.
Menrutunya, apa yang dikomunikasikan oleh dokter akan lebih mudah diterima dan dicerna oleh pasien jika dokter menggunakan empati dalam berkomunikasi.
“dr. Helena Sunarja, SpOG telah membuktikan bahwa medical expert dari dokter spesialis di era digital malah semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dari review excellent yang diberikan pasien kepada dokter padahal mayoritas konsultasi yang dilakukan tanpa tatap muka,” tutup Suci Arumsari, Co-Founder & President Director Alodokter.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News
Artikel Terkait
Fita Jadi Aplikasi Kesehatan Nomor Satu di Indonesia
Gadgetdiva.id — Fita dikabarkan menjadiaplikasi kesehatan nomor satu di Indonesia. Aplikasi..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 2 tahun lalu
- 3,250
Titipku Kembangkan Pedagang, Jatiper, dan Pelanggan
Titipku tak pernah lelah memberi pelayanan terbaik kepada tiga kekuatan utama ekonomi pasar digit..
- by Jundi Amrullah
- 2 tahun lalu
- 3,250
Setelah #RekomendAsik, Muncullah GoFood #RekomendAsik+62
Gadgetdiva.id — GoFood baru saja luncurkan kampanye #RekomendAsik+62, kemarin (19/8). Melal..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 2 tahun lalu
- 3,250
Berbagai Tipe Belanja Masyarakat di Shopee 9.9 Super Shopping Day
Tidak terasa kita sudah memasuki paruh kedua tahun 2022 dalam suasana yang meriah dikarenakan sit..
- by Jundi Amrullah
- 2 tahun lalu
- 3,250