Instagram Bakal Segera Lakukan Ujicoba Fitur Repost

0
Media Sosial
Unsplash/Solen Feyissa

Gadgetdiva.id — Instagram dikabarkan akan melakukan ujicoba untuk fitur repost pada platformnya. Fitur tersebut merupakan adaptasi dari platform media sosial lainnya.

Fitur repost sendiri sejatinya dipopulerkan oleh Twitter melalui fiturnya yang bernama Retweet. Kemudian, TikTok baru-baru ini mengadopsi fitur serupa dengan nama Repost. Fungsinya untuk menampilkan opsi memosting ulang pada platformnya.

Layaknya fitur Retweet milik Twitter dan fitur Repost milik TikTok, fitur Repost Instagram sendiri kemungkinan akan hadir dengan fungsi yang sama. Yakni, memosting ulang Reels maupun konten Instagram lainnya dan membagikannya langsung dalam feeds mereka sendiri.

Fitur Repost
Unsplash/Thought Catalog

Cara kerja fitur repost Instagram

Sebelumnya, fitur ini ditemukan oleh Matt Navarra yang merupakan seorang konsultan media sosial dan analisi industri. Dirinya memosting tangkapan layar ke Twitter.

Menurut informasi dari XDA-Developer, postingan tersebut berisi sebuah tangkapan layar berisi tab repost yang dapat ditemukan pada profil Instagram milik Adam Mosseri, Head Instagram. Navarra sendiri memberi rincian lebih lanjut terkait fitur tersebut oleh pengembang seluler Alessandro Paluzzi.

Tangkapan layar aplikasi Paluzzi sendiri menunjukkan layar intro dengan instruksi terkait cara kerja repost. Rupanya, pengguna dapat mengambil postingan yang direkomendasikan lalu membagikannya lewat feeds maupun Insta Story mereka sendiri.

Selanjutnya, dijelaskan bahwa repost ditampilkan pada tab berbeda di profil Instagram pengguna. Seperti yang kita lihat di profil Mosseri.

Ilustrasi Fitur Repost Instagram (Foto: XDA-Devloper)

Meta sendiri dapat mengonfirmasi kebenaran dari rumor tersebut, menyatakan bahwa mereka akan segera mulai mengujinya ke beberapa pengguna saja.

Meskipun Twitter mungkin yang pertama kali membuat trobosan dari repost, platform lain juga telah meminjamnya. Instagram jelas bukan pertama kali yang mencoba dan mengadopsi fitur tersebut dalam platformnya.

Fitur Repost
Foto: Unsplash/Alex Bracken

Salah satunya adalah TikTok dengan fitur Repost-nya. Instagram sendiri baru-baru ini diprotes oleh penggunanya berkat beberapa perubahan yang terjadi dalam platform mereka.

Hal tersebut disebabkan karena platform milik Meta tersebut ingin mengalahkan TikTok. Jadi, Instagram baru-baru ini mencoba meniru gaya full-screen yang ditampilkan oleh platform video pendek tersebut.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini