Instagram Luncurkan Fitur Pengawasan Orang Tua Lewat #AnakIndonesiaAmanDigital

0
FItur Pengawasan Instagram

Gadgetdiva.id — Instagram Indonesia akhirnya meresmikan fitur Pengawasan yang ditujukan untuk anak dan orang tuanya, hari ini (13/9). Fitur pengawasan Instagram ini diluncurkan melalui kampanye #AnakIndonesiaAmanDigital.

Sesuai dengan namanya, fitur pengawasan Instagram sendiri dihadirkan bagi para orang tua supaya mereka dapat mengawasi anak-anak remaja mereka yang menggunakan Instagram. Kategori remaja yang dimaksud oleh Instagram adalah anak-anak yang berada dalam usia di bawah 16 tahun.

Cara mengawasinya adalah dengan menghubungkan antara akun orang tua dengan anak mereak. Setelah kedua akun tersebut terhubung, orang tua dapat mengatur durasi waktu pemakaian Instagram untuk anak, melihat daftar akun yang mereka ikuti dan orang tua akan dapat notifikasi jika anak mereka melaporkan sebuah akun atau konten di Instagram atas alasan tertentu.

FItur Pengawasan Instagram

“Di sini fungsi kita adalah memberi kemudahan buat orang tua karena aku akui ini menjadi tantangan bagi mereka. Jadi, kita kasih pilihan-pilihan untuk memudahkan mereka dalam perjalanan mereka sebagai orang tua dari remaja di dunia digital,” ungkap Kepala Komunikasi Instagram Asia Tenggara, Putri Silalahi pada konferensi pers yang berlangsung di Jakarta, hari ini (13/9).

Untuk mengaktifkan fitur Pengawasan di Instagram, orang tua perlu mengirimkan undangan terlebih dahulu ke akun anak mereka, maupun sebaliknya. Dalam artian lain, fitur ini tak akan dapat digunakan secara sepihak.

Fitur pengawasan Instagram dalam Kampanye #AnakIndonesiaAmanDigital

Fitur pengawasan Instagram sendiri telah dibesut sejak bulan Juli lalu. Fitur ini merupakan hasil kolaborasi antara Instagram dengan berbagai pihak.

Mulai dari KemenPPA (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), berbagai forum konsultasi dengan beberapa pakar. Di antaranya adalah ECPAT Indonesia, YCAB Foundation, Siberkreasi, Yayasan Sejiwa, ICT Watch, Riliv, Sudah Dong, momsweetmoms serta Psikolog Klinis Anak dan Remaja – Vera itabiliana dan Anastasia Satrio.

FItur Pengawasan Instagram

“Keamanan pengguna adalah prioritas kami di Instagram. Ini mengapa kami terus meluncurkan fitur-fitur keananan agar pengguna bisa membangun pengalaman yang positif saat menggunakan Instagram,” ungkap Tara Bedi, Head of Instagram Policy Programs Asia Pacific.

Lebih lanjut, fitur pengawasan Instagram ini sebenarnya merupakan bagian dari kampanye #AnakIndonesiaAmanDigital. Melalui kampanye ini berbagai pihak akan mengadakan beragam pelatihan untuk orang tua.

Dalam pelatihan tersebut, para orang tua akan diberi tips seputar menjaga keamanan anak-anak remaja di dunia digital. Termasuk cara mengaktifkan fitur pengawasan Instagram dan membangun komunikasi yang postif dengan anak perihal menggunakan media sosial.

“Lewat kampanye #AnakIndonesiaAmanDigital, kami berharap akan semakin banyak orang tua di Indonesia yang bergerak aktif untuk mendampingi dan mengawasi anak-anaknya sehingga mereka dapat memanfaatkan internet dengan bijak,” ungkap Menteri PPPA, Bintang Puspayoga.

Pelatihan ini akan berlangsung secara luring dan daring. Akan ada sesi seperti Kuliah di WhatsApp, Instagram Live bersama para pakar dan kelas tatap muka.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini