Aplikasi Fita Spill Cara Hitung Kalori Naikkan Berat Badan

0
aplikasi fita

Gadgetdiva.id — Aplikasi Fita mengungkap cara menghitung kalori untuk menaikkan berat badan. Tak sepopuler diet menurunkan berat badan, program menaikkan berat badan memang jarang dibicarakan.

Banyak hal beredar tentang cara menaikkan berat badan yang tidak akurat. Benarkah menaikkan berat badan cuma butuh makan sebanyak-banyaknya tanpa mengecek kandungan zat makanan ataupun olahraga? Aplikasi Fita mencoba mengajari kita semua dengan rumus yang tak sulit.

Ternyata, ada fakta menarik yang bisa membuat kita menaikkan berat badan secara ideal. Caranya adalah dengan menghitung asupan kalori ke dalam tubuh. Tubuh kita butuh energi untuk melakukan berbagai aktivitas. Dalam proses tersebut, tubuh akan membakar kalori dengan jumlah yang berbeda-beda setiap individu.

Jumlah kalori yang dibakar tubuh setiap harinya untuk melakukan berbagai aktivitas disebut dengan TDEE atau Total Energy Daily Expenditure. TDEE sendiri berbeda dengan Basal Metabolic Rate atau BMR yang hanya menghitung jumlah kalori paling minimal yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi dasar saja. TDEE jumlahnya lebih besar karena menghitung aktivitas fisik tambahan, seperti olahraga atau pekerjaan fisik.

Lalu bagaimana cara menghitung TDEE? Berikut cara dari Aplikasi Fita

Sebelum menghitung TDEE, perlu menghitung nilai BMR terlebih dahulu menggunakan rumus Harris-Benedict.

Untuk laki-laki: 66,5 + (13,7 x berat badan) + (5 x tinggi badan) – (6,8 x usia)
Untuk perempuan: 655,1 + (9,6 x berat badan) + (1,8 x tinggi badan) – (4,7 x usia)

Setelah itu, nilai BMR bisa dikalikan dengan tingkat aktivitas fisikmu untuk mendapatkan TDEE.
Sangat jarang beraktivitas fisik: 1,2
Jarang beraktivitas fisik (Olahraga ringan 1-3 kali per minggu): 1,375
Cukup sering beraktivitas fisik (Olahraga sedang 3-5 kali per minggu): 1,55
Sering beraktivitas fisik (Olahraga berat 6-7 kali per minggu): 1,725
Sangat sering beraktivitas fisik (Olahraga berat setiap hari): 1,9

Contohnya, jika BMR kamu 1.815 dan kamu bekerja kantoran dengan aktivitas fisik yang minim, maka nilai TDEE kamu adalah 1.815 x 1.2 = 2.178 kalori per hari.

Bagaimana jika ingin menambah berat badan?

Nilai TDEE yang sudah dihitung berdasarkan rumus di atas belum termasuk kalori surplus yang dibutuhkan untuk menaikkan berat badan. Penambahan kalori untuk menaikkan berat badan biasanya berkisar dari 300 hingga 800 kalori per hari.

Untungnya, kamu tidak perlu repot menghitung kebutuhan kalorimu setiap harinya secara manual. Di aplikasi Fita, kamu bisa melihat kebutuhan kalori di halaman utama. Bagaimana cara membacanya?

Kalori target: Jumlah kalori yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi dasar yang sudah disesuaikan dengan target kalori surplusmu.
Asupan: Kalori yang masuk dari asupan makanan setiap harinya.
Aktivitas: Kalori yang dibakar saat berolahraga.
Kalori tersedia: Jatah kalori yang bisa kamu konsumsi setiap harinya. Nilainya akan berkurang maupun bertambah sesuai dengan jumlah asupan atau olahraga yang kamu lakukan.

Idealnya, kalori tersedia tidak boleh minus karena itu berarti kamu mengonsumsi makanan lebih dari target kalori harian dan kurang melakukan olahraga. Jika terdapat lebih dari 100 kalori tersedia, maka sebaiknya kamu menambah asupanmu agar tetap memenuhi kebutuhan energi harian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini