GudangAda Dorong Pertumbuhan UKM Koperasi

0
18
GudangAda

Gadgetdiva.id — GudangAda umumkan kolaborasi dengan Pemprov Jawa Barat untuk dorong UKM Koperasi tumbuh melalui ekosistem digital, hari ini (21/9). Ada sekitar 15.000 koperasi yang difasilitasi oleh layanan tersebut.

Kolaborasi antara GudangAda dan Pemprov Jawa Barat ini bertujuan untuk membantu UKM di Indonesia semakin tumbuh dan berkembang dengan memanfaatkan peluang binsis digital. Sekitar 15.000 koperasi yang sudah mengadopsi solusi digital yang ditawarkan oleh koperasi tersebut.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa UMKM yang berada di wilayah Jawa Barat merupakan salah satu yang mendominasi pasar. Yakni, dengan jumlah andil usaha sebesar 50 persen dari seluruh total usaha yang ada.

Sebab itu, modernisasi koperasi perlu dilakukan untuk membantu mereka. Seiring pula dengan perubahan pola perilaku masyarakat.

GudangAda

“Lewat keberadaan solusi digital GudangAda, segenap mitra Koperasi Jawa Barat bisa mendapatkan keunggulan kompetitif untuk bersaing dengan pelaku usaha lain di industri. Adapun langkah kerja sama ini dilakukan dalam rangka mendukung program UKM Jabar Juara 2022 milik Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat agar jumlah UKM semakin meningkat. Berbekal tingkat literasi digital yang baik, kami berharap bisnis UKM dapat bertumbuh sehat dan memberikan manfaat positif bagi kesejahteraan masyarakat Jawa Barat,” ungkap Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yang dikutip dari rilis yang diterima Gadgetdiva, Rabu (21/9). 

Ridwan Kamil juga turut mengungkap kontribusi UKM di Jawa Barat yang kini sudah mencapai lebih dari 60 Persen. Menruutnya, penting untuk mempertahanakn momentum digitalisasi supaya UKM tak hanya sekadar onboard ke platform lain, namun juga berkembang dalam ekosistem digital.

Kolaborasi GudangAda dan Pemprov Jawa Barat

Lewat Program UKM Jabar Juara yang dimiliki, Pemerintah Provinsi Jawa Barat senantiasa mendorong UKM di Jawa Barat untuk memanfaatkan teknologi dalam berbisnis guna mendapatkan akses pasar yang lebih luas. Adapun 4.000 UKM ditargetkan tergabung ke dalam program UKM Jabar Juara milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat di tahun ini. Melalui kolaborasi antara GudangAda dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, diharapkan manfaat digitalisasi bisa dirasakan secara menyeluruh dan merata.

GudangAda sendiri hadir sebagai aplikasi penyedia layanan ekosistem B2B di indoensia. Mereka memungkinkan mitra koperasi memperoleh berbagai produk dengan harga terbarik. Yakni, dengan cara lebih praktis dan layanan distribusi barang terbaik melalui GudangAda Logistik.

GudangAda

Guna mendorong digitalisasi Koperasi di Jawa Barat, GudangAda menghadirkan dua aplikasi yang saling terintegrasi, yaitu aplikasi GudangAda dan GudangAda Solusi. Aplikasi GudangAda hubungkan pedagang UKM dengan beragam potensi bisnis di dalam sebuah digital marketplace.

Aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi GudangAda Solusi yang bantu pedagang UKM mengelola manajemen stok dan harga, laporan transaksi jual beli, laporan laba rugi, pencetakan struk dan manajemen pelanggan serta karyawan. 

“Lewat keberadaan ekosistem digital yang inklusif, diharapkan keberadaan GudangAda mampu membantu mitra koperasi menjalankan bisnisnya dengan lebih efisien sehingga menciptakan industri UKM Koperasi Jawa Barat yang lebih sehat,” jelas Stevensang, CEO GudangAda. 

GudangAda

Selain Provinsi Jawa Barat, GudangAda menggali peluang untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi lain agar semakin banyak UKM yang terbantu melalui ekosistem digital GudangAda.

“Kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat merupakan langkah awal untuk bekerjasama dengan pemerintah di provinsi lain. Dengan payung program #UMKMBertumbuhSehat, GudangAda siap menjalankan berbagai program pemberdayaan dan edukasi pedagang tradisional dalam melakukan transformasi digital dan meningkatkan transaksi bisnis. Kami berharap dapat membangun pilar bisnis UKM yang kuat bagi masa depan ekosistem ekonomi digital Indonesia,” tutup Stevensang. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini