Twitter Perluas Fitur Alt Text pada Gambar Mudahkan Akses Pengguna

0
7
alt text

Gadgetdiva.id — Twitter dikabarkan memperluas fitur alt text pada gambar sehingga memudahkan pengguna untuk mengaksesnya. Fitur tersebut akan memintamu untuk menambahkan deskripsi gambar.

Alt text sendiri pertama kali diumumkan pada bulan Juli hanya sebagaian kecil pengguna Twitter yang dapat menggunakannya. Kini, seluruh pengguna Twitter di seluruh dunia sudah dapat mengaktifkan fitur alt text mulai pekan ini.

Fitur alt text alias alternative text sendiri merupakna sebuah deskripsi tertulis terkait isi gambar yang dapat diambil oleh perangkat lunak pembaca layar yang digunakna oleh pengguna tunanetra. Tanpa alt text, gambar yang tak terhitung jumlahnya yang diposting dan di-retweet setiap hanyanya di Twitter tidak bisa diakses oleh mereka.

alt text
Foto: Twitter

 

Pengenalan alt text sendiri sudah lama diusung oleh aktivis disabilitas. Mereka berhasil melobi Twitter untuk lebih banyak menyediakan alt text dan telah meminta mereka yang dapat melihat untuk lebih konsisten dengan menambahkan alt text ke gambar.

Pengembang bot Twitter sukarelawan bahkan telah membuat pengingat alt text dalam beberapa tahun terakhir. Terinspirasi oleh tuntutan platform yang lebih mudah diakses.

Cara menggunakan fitur alt text Twitter

Twitter sendiri menyadari fitur alt text merupakan sesuatu yang diinginkan pengguna untuk sementara waktu. Alasan tersebut diungkap oleh Gegard Cohen, software engineering accessibility experience team Twitter yang dikutip dari The Verge.

“Jika terserah kami, kami akan menjenttikkan jari dan dunia akan dapat diakses – kami memahami bahwa ini sudah lama datang,” ungkap Cohen.

Dirinya menyatakan sangat berterima kasih kepada pembuat bot tersebut. Termasuk mereka yang berjuang untuk mewujudkannya.

Untuk menambahkan fitur alt-text, pengguna harus masuk ke pengaturan akun mereka supaya dapat mengaktifkan perintah yang akan disinkronkan pada seluruh perangkat. Setelah diaktifkan, pengguna akan mendapatkan ping setiap kali mereka menambahkan gambar tanpa alt text, meminta mereka untuk kembali dan menambahkan deskripsi sebelum memposting tweet.

Alt text
Foto: Twitter

Cohen menyatakan bahwa membuat fitur alt text tersedia untuk semua pengguna adalah prioritas. Pihaknya akan bekerja untuk mendidik pengguna tentang cara menggunakannya dengan benar.

Tim Cohen sendiri sedangn menjejahai fitur lain seperti kemampuan untuk mengedit tweet dapat menambahkan alt text secara retroaktif nantinya. Juga merupakan pembaruan aksesibilitas yang sangat diminta.

Di Twitter sendiri, deskripsi gambar dapat dilihat oleh semua pengguna. Fitur ini berguna bagi pengguna yang dapat melihat gambar namun memerlukan bantuan untuk memproses apa yang ditampilkan.

Ketika alt text ditambahkan ke gambar, pengguna dapat mengklik lencana ALT di sudut kiri bawah gambar untuk membaca deskripsi yang diberikan oleh penulis.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini