Kuaishou Technology Raih Sertifikasi ISO, Data Pribadi Pengguna SnackVideo jadi Lebih Aman

0
10

Maraknya kasus kejahatan siber berupa pencurian data di internet menjadi salah satu alasan utama bagi platform sosial media untuk meningkatkan keamanan digital. Hal tersebut sangatlah penting bagi Kuaishou Technology untuk mendapatkan legitimasi atas keamanan data para penggunanya.

Bulan lalu, Kuaishou Technology memperoleh sertifikasi ISO/IEC 27701 dan ISO/IEC 27001 di Cina serta beberapa negara di Amerika Latin, Asia Tenggara dan Selatan, serta Timur Tengah sebagai standar internasional tentang cara mengelola keamanan informasi.  Pencurian data di Indonesia masih tergolong tinggi.

Menurut data perusahaan keamanan siber Surfshark, tidak kurang dari 1,04 juta akun mengalami kebocoran data pengguna di Indonesia selama kuartal II 2022, dan jumlahnya melonjak 143% dari kuartal I 2022 (quarter to quarter/qtq) sebanyak 430,1 ribu akun.

Surfshark bahkan mencatat, setiap menitnya ada tiga akun yang mengalami kebocoran data di Indonesia selama Januari–Maret 2022. Dengan telah disahkannya UU Perlindungan Data Pribadi (PDP) oleh DPR RI diharapkan dapat mendorong reformasi praktik pemrosesan data di seluruh pengendali data sehingga Indonesia dapat meningkatkan standar industrinya di kancah global.

ISO/IEC 27701 sendiri adalah perluasan privasi ke ISO/IEC 27001 dengan persyaratan tambahan untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan Sistem Manajemen Informasi Privasi (PIMS).

Bagi Kuaishou, hal ini membuktikan bahwa pengguna platform SnackVideo tidak perlu merasa khawatir akan keamanan data pribadinya pada saat menggunakan sosial media tersebut.

Dalam proses memperoleh ISO tersebut, auditor independen telah melakukan serangkaian pemeriksaan ketat untuk mengonfirmasi bahwa kontrol, keamanan global, dan operasi risiko yang dimiliki Kuaishou Technology telah memenuhi standar tertinggi.

Lebih lanjut, tindakan manajerial pun terus dilakukan, seperti memeriksa risiko keamanan informasi organisasi secara sistematis, dengan mempertimbangkan ancaman, kerentanan, dan dampaknya.

Merancang dan menerapkan rangkaian kontrol keamanan informasi yang koheren dan komprehensif. Serta mengadopsi proses manajemen menyeluruh untuk memastikan bahwa kontrol keamanan informasi terus memenuhi kebutuhan keamanan informasi organisasi secara berkelanjutan.

Baca juga : POLYTRON Luncurkan Smart Soundbar 10 Speaker dengan Teknologi Spatial Audio Kekinian

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini