Fitur Edit Tweet Hadir untuk Pelanggan Berbayar, Twitter Tambah Fitur Status

0
Bluesky

Gadgetdiva.id — Twitter hadirkan fitur edit tweet untuk pelanggan berbayar alias Twitter Blue. Sekaligus, mengembangkan fitur Twitter Status pada platformnya.

Setelah melalui beberapa uji coba, akhirnya fitur edit tweet resmi hadir di Twitter. Sayangnya, fitur tersebut hanya dapat digunakan oleh pelanggan berbayarnya alias pengguna Twitter Blue.

Bersamaan dengan peluncuran fitur edit tweet, platform tersebut juga dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru mirip status pada situs Path. Fitur baru itu disebut Twitter Status.

Edit Tweet

Fitur Edit Tweet untuk Pengguna Twitter Blue

Sebelum benar-benar meluncurkannya, Twitter sempat menguji fitur tersebut secara internal. Supaya dapat digunakan dengan baik oleh penggunanya.

Akhirnya, Twitter resmi meluncurkan fitur edit tweet tersebut pada Senin (3/10) lalu. Twitter sendiri mengumumkannya dalam sebuah cuitan lewat akun resminya.

Namun, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan oleh penggunanya. Pertama, hanya pelanggan Twitter Blue yang dapat menggunakan fitur edit tweet. Fitur ini baru tersedia untuk pengguna di Kanada, Australia dan Selandia Baru.

Fungsionalitas ini akan segera diluncurkan oleh Twitter di Amerika Serikat. Kendati, sejauh ini tidak disebutkan bahwa  fitur tersebut akan tersedia bagi pengguna yang tidak berlangganan Twitter Blue.

Menariknya, version history dapat dilihat untuk setiap tweet yang diedit. Sehingga, kamu tahu persis bagian mana yang diubah oleh tweet yang kamu lihat maupun sebaliknya.

Edit Tweet

Fitur Status Twitter

Di saat yang sama dengan peluncuran fitur Edit Tweet, Twitter ditemukan sedang melakukan pengembangan untuk fitur Twitter Status. Fitur ini disebut mirip dengan fitur Status milik Path.

Edit Tweet
Twitter Status | Foto: twitter/@wongmjane

Sesuai dengan laporan Jane Manchun Wong, fitur Twitter Status ini menunjukkan bahwa sejumlah opsu status baru telah muncul. Beberapa status baru ini menyertakan frasa slang Twitter yang umum seperti “That’s it, that’s the Tweet” dan “Don’t @ me”.

Twitter Status sendiri nampaknya akan memungkinkan pengguna untuk menulis tweet dan kemudian melebelinya dengan semacam kategori, seperti opsi status. Pengguna Twitter juga dapat mengklik label status yang ditandai tersebut untuk melihat kumpulan tweet lain dalam aplikasi Twitter yang berisi frasa yang sama dengan status yang ditandai.

Lebih lanjut, tidak semua pengguna memiliki akses untuk menggunakan fitur Twitter Status. Pada bulan Juli tahun ini, Twitter mengonfirmasi pada TechCrunch bahwa ketersediaan Status tersebut akan dibatasi dalam durasi maupun jumlah yang akan memiliki akses.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini