Cara Mengetahui Fake Followers dalam Instagram

0
Instagram
Foto: Unsplash/Alex Bracken

Gadgetdiva.id — Kita pasti sering mendengar istilah fake followers dalam Instagram. Nah, gimana sih cara mengetahui fake followers tersebut? Simak ulasannya!

Paradiva mungkin sering bertanya-tanya bagaimana sebuah akun Instagram bisa memiliki followers yang banyak? Eittss, kamu jangan terkesima dulu. Pasalnya, banyak sekali akun yang ternyata memiliki fake followers.

Fake followers alias followers ‘jadi-jadian’ ini tidak hanya kamu dapatkan melalui transaksi membeli followers. Melainkan bisa juga didapatkan saat akun yang mem-follow kamu itu merupakan sebuah bot.

Nah, followers bot ini sebagian besar tidak dapat dihindari. Tak sedikit juga yang malah berbahaya bagi akunmu. Sebab itu, kamu perlu melaporkannya ke Instagram.

Bot yang lebih fluktuatif mungkin mencoba mengelabui kamu dengan mengirimkan spam atau tautan berbahaya melalui DM. Hal ini tidak sebanding pula dengan risiko menyimpannya.

Pihak Instagram sendiri akan menindakmu jika mereka menemukan fake followers, menjanjikan bahwa akan ada dampak bagi pengguna yang terus membeli bot. Namun, hal tersebut masih tidak menghentikan pengguna untuk membeli fake followers.

Menurut survei yang dilakukan oleh Mashable beberapa waktu lalu, akun selebriti seperti Ellen DeGeneres, BTS dan Ariana Grande memiliki jumlah fake followers sebanyak 46 dan 48 persen. Menurut CNBC, fake followers dalam akun influencer ini akan dibayarkan oleh brand sebanyak total USD1,3 miliar untuk tahun ini saja.

Lantas, bagaimana sih cara mengetahui fake followers? Begini ulasannya.

Cara mengetahui akun fake alias fake followers di Instagram

Untuk menemukan fake followers dalam Instagram, ada beberapa tanda yang dapat kamu perhatikan. Contohnya, jika kamu melihat pengguna menyukai bermacam-macam fotomu secara random atau meninggalkan komentar yang random seperti, “great post!” secara berurutan.

Ada kemungkinan besar akun tersebut berafilisasi dengan booster pihak ketiga dan mencoba menggoda kamu untuk melakukan followback terhadap akun tersebut. Paling tidak, pemilik akun tersebut merupakan seseorang yang mencoba meningkatkan jumlah followers mereka dengan cepat.

Paradiva juga dapat membanut untuk melihat profil itu sendiri. Jika pengguna telah mem-follow banyak orang namun tidak memiliki banyak followers, memposting sendiri atau jika kaun tersebut tampaknya telah lama tidak aktif, jangan ragu untuk curiga.

Fake Followers
Unsplash/Thought Catalog

Tentu saja, ada bot sneakier yang mempositng banyak konten agar terlihat nyata. Jika mau tidak yakin, masukkan satu atau dua foto ke dalam pencarian gambar Google dan lihat apakah gambar tersebut diambil dari pengguna lain atau situs web lain sepenuhnya.

Sejatinya, kita semua pasti pernah melihat fake akun Instagram yang sangat jelas. Ada bot yang memposting banyak foto hasil curain dari wanita yang berbeda, seolah-olah kamu tidak akan menyadari bahwa mereka bukan orang yang sama.

Lalu, ada akun diskon palsu yang memasang harga lebih rendah untuk barang-barang mewah dalam upaya membuat kamu mengklik tautan yang mencurigakan.

Hal paling mudah yang bisa kamu identifikasikan ialah jika ia memiliki username seperti “Chloe8438488382”. Namun, akun tersebut sama sekali tidak emmiliki postingan, gambar maupun followers sedikit pun. Akun tersebut bisa dipastikan adalah sebuah bot.

Cara mengetahui fake followers di Instagram

Pertama, lihat berapa banyak like yan gdidapat pengguna per posting. Jika mereka hanya memiliki jumlah likes hanya sebagian kecil dari jumlah followers, kemungkinan besar banyak dari followers mereka ialah bot yang tidak aktif. Fake followers, sebagian besar tidak melakukan apapun kecuali mem-followmu.

Fake Followers
Foto: Unsplash/ Kate Torline

Ada sejumlah situs web pihak ketiga yang mengklaim bahwa mereka dapat mendeteksi jumlah fake followers. Nah, Paradiva dapat mencoba menjalankan akun melalui situs web statisik media sosial SocialBlade yang akan memberi tahu kamu terkait lonjakan jumlah followers yang tiba-tiba.

Jika jumlah followers pengguna meroket tanpa alasan yang jelas, kemungkinan mereka telah membayar untuk meningkatkan jumlah tersebut.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini