Aplikasi

DANA Raih Angka Penggunaan Signifikan di Kuartal Ketiga 2022

post-img

Source : gadgetDiva

Perkembangan dompet digital sebagai solusi keuangan modern, menunjukkan angka yang baik seiring dengan tingginya penjualan ritel sebagai salah satu indikator keberhasilan penanganan pandemi.

Temuan serupa juga dialami dompet digital DANA, melalui lembaga riset daring dan data analitik YouGov, yang mencatat meningkatnya penggunaan layanan keuangan digital berbasis gaya hidup selama kuartal ketiga tahun 2022.

Hadirkan Tren Baru Belanja Online di Indonesia, TikTok Shop Raih Rekor MURI

Dalam hasil riset YouGov terhadap lebih dari 4000 responden daring secara nasional di kuartal ketiga, pengguna aplikasi layanan keuangan digital terpantau terus berkembang.

Saat ini, pengguna aplikasi dompet digital mencapai 87% dan didominasi oleh pengguna dengan kelompok usia 18-24 tahun. Industri e-commerce pun mengalami pertumbuhan pengguna terbesar selama kuartal ketiga, yaitu mencapai 95% dari total populasi.

Imbas kenaikan pengguna layanan keuangan digital dirasakan pula oleh DANA. Merujuk pada riset YouGov, transaksi kirim uang menggunakan DANA masih menjadi layanan paling banyak digunakan pengguna.

Kemudahan transaksi melalui DANA juga dimanfaatkan secara khusus oleh pengguna dengan kelompok usia 25-34 tahun untuk isi ulang pulsa dan data sebesar 20% dari total populasi, serta untuk pembayaran tagihan rumah tangga, yaitu sebesar 12% dari total populasi.

Secara umum, preferensi masyarakat untuk melakukan pembayaran tagihan rumah tangga menggunakan dompet digital DANA juga terlihat meningkat selama periode ini.

Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia menyampaikan bahwa pertumbuhan ini menjadi indikator positif yang menggambarkan kesiapan pengguna akan pemanfaatan layanan keuangan digital.

Pertumbuhan dari berbagai jenis transaksi di DANA ikut memberikan gambaran masa depan transformasi keuangan digital yang semakin inklusif.

“Pertumbuhan ini sekaligus memberikan peluang bagi kami untuk terus bergerak menjembatani pengguna, mitra, dan lembaga keuangan untuk mempercepat adopsi layanan keuangan digital secara kolektif dan mendukung masyarakat dalam produktivitas ekonomi mereka sehari-hari,” tambah Rangga.

Di samping kebutuhan harian, pengguna kini juga mulai sadar akan pentingnya berinvestasi. Pada riset YouGov disebutkan bahwa terdapat kenaikan pengguna DANA untuk pembelian investasi, terutama oleh pengguna dengan kelompok usia 24-34 tahun.

Selain angka yang menunjukkan pertumbuhan pengguna dan transaksi, YouGov juga mencatat bagaimana masyarakat lekat dengan kualitas dan reputasi dompet digital yang ramah pengguna, aman, dan aksesibel.

Persepsi tersebut direfleksikan dari 50% suara pengguna pada kuartal ini, membaik dari kuartal sebelumnya. Pengguna juga mengasosiasikan fitur dan layanan pada aplikasi DANA dengan keragaman metode top-up yang memudahkan pengguna, keamanan yang terjamin, serta layanan pengguna yang cukup baik.

Baca juga : 2 Produk AIoT realme TechLife Diboyong Masuk Indonesia


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Telkomsel Kembangkan Aplikasi G20 Connect, Permudah Penyebaran Informasi
Aplikasi

Telkomsel Kembangkan Aplikasi G20 Connect, Permudah Penyebaran Informasi

Gadgetdiva.id — Indonesia akan kedatangan para pemimpin dunia dalam perhelatan G20 di Bali...

Hadirkan Tren Baru Belanja Online di Indonesia, TikTok Shop Raih Rekor MURI
Aplikasi

Hadirkan Tren Baru Belanja Online di Indonesia, TikTok Shop Raih Rekor MURI

TikTok Shop terus mengusung konsep Shoppertainment (entertainment-first, commerce second) dan tel..

Bluesky, Platform Media Sosial Baru Punya Jack Dorsey
Aplikasi

Bluesky, Platform Media Sosial Baru Punya Jack Dorsey

Gadgetdiva.id — Founder dan mantan CEO Twitter, Jack Dorsey dikabarkan telah membuat platf..

CATCH Siap Digunakan oleh Pengguna Aplikasi Fita
Aplikasi

CATCH Siap Digunakan oleh Pengguna Aplikasi Fita

Gadgetdiva.id — Fita meluncurkan platform baru untuk membantu para Coach profesional olahr..


;