Reels dan Sticker Add Yours Jadi Favorit Gen Z Indonesia di Instagram
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Rabu, 7 Desember 2022 - 10:57 WIB
Gadgetdiva.id — Semarak akhir tahun, Meta mengungkap laporan terkait tren Gen Z Indonesia di Instagram selama tahun 2022. Reels dan Sticker Add Yours jadi favorit mereka.
Bertajuk “Yang dicintai Gen Z Indonesia di Instagram”, Meta melalui Instagram merilis laporan terkait tren Gen Z Indonesia di Instagram untuk pertama kalinya. Lewat laporan ini, platform tersebut merangkum semua hal yang paling diminati oleh Gen Z. Yakni, terkait tren dan topik yang mereka ikuti di platform media sosial tersebut.
“Kami menjabarkan deretan fitur, musik, dan tagar yang paling banyak digunakan Gen Z di Instagram tahun ini, dan merangkum karakterisasi unik yang akan membedakan mereka dengan generasi sebelumnya,” tutur Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta Indonesia dan Asia Tenggara, Revie Sylviana dikutip dari pernyataan resmi, Rabu (7/12).
Revie menambahkan sekitar 3,2 miliar atau setara dengan 41% dari populasi dunia adalah Gen Z. Menjadikan mereka generasi yang sangat penting di industri digital. Di Instagram, merkea memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan seputar kultur yang sedang populer.
Sitcker Add Yours dan Reels jadi favorit Gen Z Indonesia di Instagram
Menurut survei Populix pada 2.000 Gen Z di seluruh Indonesia, 73% menyatakan mereka gemar mengonsumsi konten video dalam bentuk Reels. Kemudian, diikuti oleh Instagram Story.
Kedua fitur ini menjadi platform bagi mereka untuk menonton konten yang menghibur. Sekaligus, berhubungan dengan orang lain melalui percakapan di DM dan kolom komentar.
Hal tersebut juga yang membuat fitur Sticker Add Yours sebagai salah satu fitur paling digemari oleh Gen Z di Reels dan Stories. Beberapa kategori seperti “Dump Bulanan”, “Apapun Ketika Mahasiswa” dan “Foto Selfie atau Screenshot di Galeri Foto” merupakan tiga Sticker Add Yours yang paling banyak digunakan oleh mereka tahun ini.
Laporan tersebut juga menyatakan bahwa Gen Z cenderung lebih memilih untuk mengikuti kreator sebagai sumber inspirasi mereka. Mulai dari komedi, fesyen, makanan dan gaya hidup sehat menjadi empat topik yang paling dicari dan diikuti Gen Z melalui kreator. 1 dari 5 Gen Z memilih tagar #TawadiReels untuk menemukan konten komedi favorit mereka.
Menariknya, topik isu sosial menjadi salah satu yang paling diminati oleh Gen Z Indonesia di Instagram. Lima topik terkait yang paling banyak mereka ikuti ialah Lingkungan & Sustainability, Otentik & Menjadi Diri Sendiri, Pemberdayaan Perempuan, Komunitas, dan Kesehatan Mental.
Kemudian, identitas digital menjadi salah satu tren yang datang dari mereka di Instagram. Ditemukan bahwa penggunaan fitur Avatar terus meningkat di kalangan Gen Z Indonesia di Instagram. Avatar yang paling banyak mereka bagikan di Instagram ialah Thumb Up, Blowing Kiss dan Winky.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News
Artikel Terkait
AirAsia App Hadirkan Versi Terbaru untuk Paket Berlangganan SUPER+
Gadgetdiva.id – Paket berlangganan penerbangan dari Airasia Super App, SUPER+ memperkenalka..
- by Jundi Amrullah
- 1 tahun lalu
- 3,250
Pluang Rilis Fitur Leverage untuk Aset Saham AS
Gadgetdiva.id — Pluang menghadirkan fitur baru yang dinamakan Leverage untuk meningkatkan ..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 1 tahun lalu
- 3,250
QRIS DANA Jadi yang Terbaik Digelaran Bank Indonesia Award 2022
Gadgetdiva.id – Pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2022 yang berlangsung pada h..
- by Jundi Amrullah
- 1 tahun lalu
- 3,250
Aplikasi Sunbird Hadirkan iMessage untuk Pengguna Android
Gadgetdiva.id — Para pengguna Android sebentar lagi bisa mendapatkan pesan iMessage melalu..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 1 tahun lalu
- 3,250