Reels dan Sticker Add Yours Jadi Favorit Gen Z Indonesia di Instagram

0
Gen Z Indonesia di Instagram

Gadgetdiva.id — Semarak akhir tahun, Meta mengungkap laporan terkait tren Gen Z Indonesia di Instagram selama tahun 2022. Reels dan Sticker Add Yours jadi favorit mereka.

Bertajuk “Yang dicintai Gen Z Indonesia di Instagram”, Meta melalui Instagram merilis laporan terkait tren Gen Z Indonesia di Instagram untuk pertama kalinya. Lewat laporan ini, platform tersebut merangkum semua hal yang paling diminati oleh Gen Z. Yakni, terkait tren dan topik yang mereka ikuti di platform media sosial tersebut.

Kami menjabarkan deretan fitur, musik, dan tagar yang paling banyak digunakan Gen Z di Instagram tahun ini, dan merangkum karakterisasi unik yang akan membedakan mereka dengan generasi sebelumnya,” tutur Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta Indonesia dan Asia Tenggara, Revie Sylviana dikutip dari pernyataan resmi, Rabu (7/12). 

Gen Z Indonesia di Instagram
Revie Sylviana Director Creator Partnership Southeast Asia Meta

Revie menambahkan sekitar 3,2 miliar atau setara dengan 41% dari populasi dunia adalah Gen Z. Menjadikan mereka generasi yang sangat penting di industri digital. Di Instagram, merkea memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan seputar kultur yang sedang populer.

Sitcker Add Yours dan Reels jadi favorit Gen Z Indonesia di Instagram

Menurut survei Populix pada 2.000 Gen Z di seluruh Indonesia, 73% menyatakan mereka gemar mengonsumsi konten video dalam bentuk Reels. Kemudian, diikuti oleh Instagram Story.

Kedua fitur ini menjadi platform bagi mereka untuk menonton konten yang menghibur. Sekaligus, berhubungan dengan orang lain melalui percakapan di DM dan kolom komentar.

Hal tersebut juga yang membuat fitur Sticker Add Yours sebagai salah satu fitur paling digemari oleh Gen Z di Reels dan Stories. Beberapa kategori seperti “Dump Bulanan”, “Apapun Ketika Mahasiswa” dan “Foto Selfie atau Screenshot di Galeri Foto” merupakan tiga Sticker Add Yours yang paling banyak digunakan oleh mereka tahun ini.

Gen Z Indonesia di Instagram
Foto: Instagram

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa Gen Z cenderung lebih memilih untuk mengikuti kreator sebagai sumber inspirasi mereka. Mulai dari komedi, fesyen, makanan dan gaya hidup sehat menjadi empat topik yang paling dicari dan diikuti Gen Z melalui kreator. 1 dari 5 Gen Z memilih tagar #TawadiReels untuk menemukan konten komedi favorit mereka.

Menariknya, topik isu sosial menjadi salah satu yang paling diminati oleh Gen Z Indonesia di Instagram. Lima topik terkait yang paling banyak mereka ikuti ialah Lingkungan & Sustainability, Otentik & Menjadi Diri Sendiri, Pemberdayaan Perempuan, Komunitas, dan Kesehatan Mental.

Kemudian, identitas digital menjadi salah satu tren yang datang dari mereka di Instagram. Ditemukan bahwa penggunaan fitur Avatar terus meningkat di kalangan Gen Z Indonesia di Instagram. Avatar yang paling banyak mereka bagikan di Instagram ialah Thumb Up, Blowing Kiss dan Winky.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini