VIDA Tegaskan Pentingnya Digital Trust Pada Gen Z

0

Gadgetdiva.id – Menyambut World Data Privacy Day yang jatuh pada tanggal 28 Januari, penyedia identitas digital terdepan di Indonesia, VIDA kembali mengajak pemerintah dan industri untuk meningkatkan kesadaran perlindungan data pribadi dan kepercayaan digital (digital trust) di di kalangan publik. Hal ini juga selaras dengan aturan pelindungan data pribadi yang baru saja disahkan.

Gerakan ini juga dapat menjadi respons langsung dari ancaman siber yang saat ini kian marak terjadi di Indonesia, yang salah satunya mencakup persoalan pencurian dan penyalahgunaan identitas (identity theft dan identity fraud).

Chief Revenue Officer VIDA, Adrian Anwar mengatakan “Pola kebiasaan Gen-Z dalam beraktivitas di dunia maya lebih mudah dibentuk jika dibandingkan dengan generasi-generasi lainnya. Tentunya hal ini perlu menjadi perhatian agar generasi-generasi muda tersebut dapat lebih mengenali potensi ancaman siber sehingga dapat memegang tanggung jawab yang lebih besar di masa yang akan datang”.

Pandangan tersebut juga didukung oleh studi yang dilakukan oleh National CyberSecurity Alliance (NCSA) yang mendapati bahwa kalangan Gen-Z (51%) di Amerika Serikat dan Inggris lebih cenderung mengatakan bahwa mereka pernah menjadi korban dari serangan siber dibandingkan dengan kaum Baby Boomers (21%).

Vida

Meskipun pengguna layanan digital berperan sebagai garda terdepan dalam pelindungan data pribadi mereka sendiri, usaha mitigasi kejahatan siber terkait data pribadi juga tentunya perlu didukung tersedianya inovasi teknologi yang sesuai dengan tren terkini oleh para pelaku bisnis digital.

Pemenuhan akan tuntutan keamanan siber perlu diperhatikan untuk mencegah potensi munculnya keraguan terhadap layanan digital yang berujung pada keengganan dalam melakukan transaksi digital.

Potensi tren tersebut menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku bisnis di tengah terjadinya transformasi digital mengingat dapat mempengaruhi ekspansi atau peningkatan skala bisnis.

Dengan adanya tuntutan keamanan data pribadi dan kebutuhan teknologi mitigasi kejahatan siber, VIDA yang berinduk di bawah Kementerian Kominfo Republik Indonesia dalam menyajikan layanan yang berpusat pada karakteristik konsumen serta mengedepankan familiaritas kenyamanan dan keamanan penggunaannya.

Selain itu pada sisi teknis keamanannya, produk yang dibawakan VIDA juga telah mendapat pengakuan sertifikasi dari pihak ketiga kelas dunia yang kredibel, yang beberapa di antaranya adalah WebTrust, Adobe Approved Trust List, ISO27001, dan Cloud Signature Consortium TSP.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan