PTN Kelas Pintar Siap Dampingi Siswa Lolos Kampus Negeri, Ada 5 Fitur Belajar

0
Kelas Pintar

Gadgetdiva.id — Kelas Pintar siap membimbing para siswa masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui program bernama PTN. Program tersebut akan menyediakan lima fitur yang dapat membantu proses belajar mereka.

Lima fitur PTN Kelas Pintar tersebut terdiri atas Tes Minat dan Kepribadian, Live Class, Bank Soal, Try Out dan Laporan Pembelajaran. Semuanya dirancang untuk mendampingi para siswa belajar untuk berisap masuk ke perguruan tinggi negeri yang mereka inginkan.

Tujuan dihadirkannya program PTN Kelas Pintar ini supaya para siswa dapat meminimalisir kendala salah jurusan. Sehingga, siswa dapat melanjutkan pendidikan sesuai dengan minat mereka.

“PTN merupakan satu-satunya solusi yang secara komprehensif memberikan pendampingan kepada siswa,” turut Fernando dalam pernyataan resminya, Kamis (26/1). 

Kelas Pintar

5 Fitur dalam Program PTN Kelas Pintar

Tes Minat dan Kepribadian

Pada tahap ini, siswa akan mengikuti tes yang tersedia dengan serangkaian pertanyaan yang menggambarkan karakter pribadi mereka. Hasilnya akan berhubungan dengan rekomendasi Perguruan Tinggi Negeri dan jurusan yang sesuai dengan mereka dan dapat diakses oleh orang tua.

Kemudian, Kelas Pintar akan memberi laporan terkait karakter kepribadian siswa yang dilengkapi dengan contoh orang suskes dengan karakter kepribadian yang sama dengan mereka. Termasuk juga profesi dan rekomendasi profesi lainnya yang sesuai dengan kepribadian mereka.

Ada juga laporan yang beirisi Rekomendasi jurusan sesuai profesi yang terbagi dalam beberapa kategori. Di antaranya ialah Perguruan Tinggi Negeri Terbaik, Peguruan Tinggi Negeri Terbanyak Peminatnya dan Perguruan Tinggi Negeri Terdekat dengan domisili siswa.

Live Class

Pada fitur ini, siswa akan dibimbing secara daring dan interaktif oleh Guru Ahli Kelas Pintar. Materi yang diberikan seputar seleksi nasioanal dan ujian mandiri Perguruan Tinggi Negeri. Mulai dari Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Potensi Akademik (TPA) SAINTEK hingga Tes Potensi Akademik (TPA) SOSHUM. 

Kelas ini akan tersedia dalam 14 sesi pe minggu. Bagi siswa yang ingin mengulang atau tidak hadir dalam sesi Live Class, Kelas Pintar menyediakan rekamannya.

Bank Soal

Merupakan kumpulan latihan soal guna mempertajam pemahaman siswa terkait materi seleksi nasional dan ujian mandiri kampus negeri. Soal yang tersedia meliputi Tes Potensi Skolastik yang terdiri dari Literasi Bahasa Indonesia; Literasi Bahasa Inggris; Penalaran Umum; Penalaran Matematika; Pengetahuan Kuantitatif; Pemahaman Bacaan & Menulis (PBM) dan Pengetahuan & Pemahaman Umum (PBU). 

Termasuk juga Tes Potensi Akademik SAINTEK. Meliputi Matematika SAINTEK; Fisika; Kimia dan Biologi. Kemudian, Tes Potensi Akademik SOSHUM yang terdiri dari Sejarah; Ekonomi; Sosiologi dan Geografi.

Try Out

Kelas Pintar menyediakan sesi Try Out. Uji ocba seleksi yang disiapkannya telah disesuaikan dengan ketentuan dalam seleksi nasional dan ujian mandiri.

Metode penilaian Try Out menggunakan metode Item Response Theory (IRT) dimana penilaian didasarkan pada tingkat kesulitan masing-masing butir soal yang ditentukan dari rasio akurasi jawaban setiap peserta. Metode IRT merupakan metode penilaian yang digunakan dalam seleksi nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Siswa dapat memilih jenis Try Out nya. Dengan pilihan, TPS, TPS + TPA SAINTEK, TPS + TPA SOSHUM dan TPS + TPA SAINTEK + TPA SOSHUM.

Laporan Pembelajaran

Fitur ini diperuntukan untuk para orang tua supaya mereka dapat melihat progress dari hasil pembelajaran dalam Kelas Pintar. Fitur ini akan turut dilengkapi dengan informasi peluang masuk Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan hasil Tes Minat dan Kepribadian serta pilihan pribadi.

Terdapat juga laporan yang memuat informasi kehadiran sesi Live Class per mata pelajaran, rata-rata nilai per mata pelajaran dalam latihan soal saat Try Out. Serta, informasi peluang masuk PTN sesuai Tes Minat dan Kepribadian siswanya.

Selama periode Januari 2023, Kelas Pintar memberikan diskon spesial sebesar 50% untuk para siswa yang ingin berlangganan Paket PTN ataupun PTN Plus. Potongan harga tersebut bisa didapat dengan cara mencantumkan kode kupon LEBIHYAKINPTN pada saat melakukan proses pembayaran melalui website kelaspintar.id.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan