Aplikasi

Inisiatif Tokopedia Bantu Pertumbuhan UMKM Sepanjang 2022

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id – Tokopedia yang terdiri dari sekitar 12 juta penjual dan hampir 100% UMKM mencatat berbagai pertumbuhan sepanjang 2022. “Rumah Tangga, Kecantikan, Perawatan Diri, Fesyen dan Elektronik menjadi beberapa kategori dengan peningkatan jumlah penjual tertinggi di Tokopedia.

Tokopedia terus mengencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal yang didukung teknologi geo-tagging seperti halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokal pembeli ‘Kumpulan Toko Pilihan’ (KTP), dan layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi ‘Dilayani Tokopedia’ untuk mendukung tumbuh kembang lebih banyak UMKM.

Dorong Hidup Cashless, Kini Gopay Miliki Opsi Top Up yang Lengkap

Berkat inisiatif KTP, Ciamis (Jawa Barat), Klaten (Jawa Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu (Sulawesi Tengah) dan Manado (Sulawesi Utara) menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi di Tokopedia.

Di sisi lain, terdapat peningkatan jumlah penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia sebesar 2 kali lipat. Transaksi lewat Dilayani Tokopedia pun melonjak 2,5 kali lipat.

Umkm

“Selain lewat inisiatif Hyperlocal, untuk membantu pertumbuhan UMKM agar semakin berdaya, kami juga terus melakukan edukasi bisnis online melalui halaman Pusat Edukasi Seller, Sekolah Kilat Seller, komunitas penjual Keluarga Tokopedia (K-Top) dan masih banyak lagi,” ujar, Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia.

Tokopedia dan mitra strategis juga berupaya meningkatkan daya saing UMKM, misal lewat Digitalisasi Pasar Tradisional, kolaborasi dengan Kemendag RI dan pemerintah daerah. Kini sudah ada 11 pasar tradisional yang bergabung di Tokopedia.

Tokopedia pun terus bekerja sama dengan Kemenves dan Kemenkop UKM untuk membantu UMKM mendapat izin usaha (Nomor Induk Berusaha/NIB) secara online agar lebih mudah mengakses modal usaha, bantuan pemerintah dan perlindungan hukum terhadap usaha. Lewat kolaborasi dengan pemerintah sejak akhir 2021, Tokopedia sudah memfasilitasi ribuan UMKM untuk mendapatkan NIB.

Tokopedia di sisi lain membuat fitur khusus ‘Bangga Lokal’ di halaman utama untuk mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Ada juga Modul Literasi Keuangan hasil kerja sama Tokopedia dengan BI dan OJK yang menyediakan beragam pelatihan kewirausahaan dan pengelolaan keuangan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Transaksi GoFood Naik Dua Kali Lipat di Indonesia dan Vietnam
Aplikasi

Transaksi GoFood Naik Dua Kali Lipat di Indonesia dan Vietnam

Gadgetdiva.id —- Pekan lalu, Gojek membeberkan bahwa nilai transaksi GoFood melonjak seban..

Dorong Hidup Cashless, Kini Gopay Miliki Opsi Top Up yang Lengkap
Aplikasi

Dorong Hidup Cashless, Kini Gopay Miliki Opsi Top Up yang Lengkap

Gadgetdiva.id – GoPay kini menjadi uang elektronik dengan metode top up terlengkap di Indon..

Layanan DANA Capai lebih dari 135 juta pengguna di Indonesia
Aplikasi

Layanan DANA Capai lebih dari 135 juta pengguna di Indonesia

Gadgetdiva.id – Penetrasi pembayaran digital dan layanan keuangan DANA telah mencapai lebih..

PTN Kelas Pintar Siap Dampingi Siswa Lolos Kampus Negeri, Ada 5 Fitur Belajar
Aplikasi

PTN Kelas Pintar Siap Dampingi Siswa Lolos Kampus Negeri, Ada 5 Fitur Belajar

Gadgetdiva.id — Kelas Pintar siap membimbing para siswa masuk Perguruan Tinggi Negeri mela..


;