Inisiatif Tokopedia Bantu Pertumbuhan UMKM Sepanjang 2022

0

Gadgetdiva.id – Tokopedia yang terdiri dari sekitar 12 juta penjual dan hampir 100% UMKM mencatat berbagai pertumbuhan sepanjang 2022. “Rumah Tangga, Kecantikan, Perawatan Diri, Fesyen dan Elektronik menjadi beberapa kategori dengan peningkatan jumlah penjual tertinggi di Tokopedia.

Tokopedia terus mengencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal yang didukung teknologi geo-tagging seperti halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokal pembeli ‘Kumpulan Toko Pilihan’ (KTP), dan layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi ‘Dilayani Tokopedia’ untuk mendukung tumbuh kembang lebih banyak UMKM.

Berkat inisiatif KTP, Ciamis (Jawa Barat), Klaten (Jawa Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu (Sulawesi Tengah) dan Manado (Sulawesi Utara) menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi di Tokopedia.

Di sisi lain, terdapat peningkatan jumlah penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia sebesar 2 kali lipat. Transaksi lewat Dilayani Tokopedia pun melonjak 2,5 kali lipat.

Umkm

“Selain lewat inisiatif Hyperlocal, untuk membantu pertumbuhan UMKM agar semakin berdaya, kami juga terus melakukan edukasi bisnis online melalui halaman Pusat Edukasi Seller, Sekolah Kilat Seller, komunitas penjual Keluarga Tokopedia (K-Top) dan masih banyak lagi,” ujar, Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia.

Tokopedia dan mitra strategis juga berupaya meningkatkan daya saing UMKM, misal lewat Digitalisasi Pasar Tradisional, kolaborasi dengan Kemendag RI dan pemerintah daerah. Kini sudah ada 11 pasar tradisional yang bergabung di Tokopedia.

Tokopedia pun terus bekerja sama dengan Kemenves dan Kemenkop UKM untuk membantu UMKM mendapat izin usaha (Nomor Induk Berusaha/NIB) secara online agar lebih mudah mengakses modal usaha, bantuan pemerintah dan perlindungan hukum terhadap usaha. Lewat kolaborasi dengan pemerintah sejak akhir 2021, Tokopedia sudah memfasilitasi ribuan UMKM untuk mendapatkan NIB.

Tokopedia di sisi lain membuat fitur khusus ‘Bangga Lokal’ di halaman utama untuk mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Ada juga Modul Literasi Keuangan hasil kerja sama Tokopedia dengan BI dan OJK yang menyediakan beragam pelatihan kewirausahaan dan pengelolaan keuangan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan