Aplikasi

Inisiatif Tokopedia Bantu Pertumbuhan UMKM Sepanjang 2022

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id – Tokopedia yang terdiri dari sekitar 12 juta penjual dan hampir 100% UMKM mencatat berbagai pertumbuhan sepanjang 2022. “Rumah Tangga, Kecantikan, Perawatan Diri, Fesyen dan Elektronik menjadi beberapa kategori dengan peningkatan jumlah penjual tertinggi di Tokopedia.

Tokopedia terus mengencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal yang didukung teknologi geo-tagging seperti halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokal pembeli ‘Kumpulan Toko Pilihan’ (KTP), dan layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi ‘Dilayani Tokopedia’ untuk mendukung tumbuh kembang lebih banyak UMKM.

Berkat inisiatif KTP, Ciamis (Jawa Barat), Klaten (Jawa Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu (Sulawesi Tengah) dan Manado (Sulawesi Utara) menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi di Tokopedia.

Di sisi lain, terdapat peningkatan jumlah penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia sebesar 2 kali lipat. Transaksi lewat Dilayani Tokopedia pun melonjak 2,5 kali lipat.

Umkm

“Selain lewat inisiatif Hyperlocal, untuk membantu pertumbuhan UMKM agar semakin berdaya, kami juga terus melakukan edukasi bisnis online melalui halaman Pusat Edukasi Seller, Sekolah Kilat Seller, komunitas penjual Keluarga Tokopedia (K-Top) dan masih banyak lagi,” ujar, Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia.

Tokopedia dan mitra strategis juga berupaya meningkatkan daya saing UMKM, misal lewat Digitalisasi Pasar Tradisional, kolaborasi dengan Kemendag RI dan pemerintah daerah. Kini sudah ada 11 pasar tradisional yang bergabung di Tokopedia.

Tokopedia pun terus bekerja sama dengan Kemenves dan Kemenkop UKM untuk membantu UMKM mendapat izin usaha (Nomor Induk Berusaha/NIB) secara online agar lebih mudah mengakses modal usaha, bantuan pemerintah dan perlindungan hukum terhadap usaha. Lewat kolaborasi dengan pemerintah sejak akhir 2021, Tokopedia sudah memfasilitasi ribuan UMKM untuk mendapatkan NIB.

Tokopedia di sisi lain membuat fitur khusus ‘Bangga Lokal’ di halaman utama untuk mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Ada juga Modul Literasi Keuangan hasil kerja sama Tokopedia dengan BI dan OJK yang menyediakan beragam pelatihan kewirausahaan dan pengelolaan keuangan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Fitur Baru di Android 15 Ini Bisa Tingkatkan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam
Aplikasi

Fitur Baru di Android 15 Ini Bisa Tingkatkan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam

Google mengenalkan sejumlah fitur baru dalam sistem operasi Android 15. Salah satunya ialah fitur ya..

Aplikasi X Kenalkan Fitur Baru untuk Komunitas
Aplikasi

Aplikasi X Kenalkan Fitur Baru untuk Komunitas

X telah memperkenalkan versi baru fitur Komunitas, memberikan pengguna platform ini pengalaman yang ..

LINE Stickers Hadir dengan Fitur Baru Merangkai Stiker
Aplikasi

LINE Stickers Hadir dengan Fitur Baru Merangkai Stiker

Gadgetdiva.id – LY Corporation, pionir dalam industri aplikasi dan teknologi, telah memperk..

Microsoft Siap Luncurkan Mobile Game Store Pada Bulan Juli Mendatang
Aplikasi

Microsoft Siap Luncurkan Mobile Game Store Pada Bulan Juli Mendatang

Gadgetdiva.id — Microsoft tengah bersiap untuk meluncurkan platform mobile game store besut..

Gojek Luncurkan Paket Berlangganan Gojek PLUS
Aplikasi

Gojek Luncurkan Paket Berlangganan Gojek PLUS

Gadgetdiva.id – Gojek telah meluncurkan Gojek PLUS, paket berlangganan baru yang menawarkan..


;