Aplikasi

Audiens Konten Video TikTok Meningkat 70 Persen Selama Bulan Ramadan

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Jelang bulan Ramadan, TikTok mengungkap tren penggunanya selama bulan suci tersebut. Tren tersebut dirilis dalam sebuah studi bertajuk “Ramadan 2023 with TikTok: Winning Heats and Carts”.

Menurut riset yang dilakukan oleh TikTok, ditemukan bahwa penonton konten video di platformnya meningkat 70 persen selama bulan ramadan 2022 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Menurut survei kita, orang-orang pada antusias dan semangat untuk menyambut bulan ramadan di tahun ini. 69 persen para pengguna TikTok berniat untuk merayakan ramadan seperti sedia kala sebelum pandemi,” tutur Head of Business Marketing TikTok Indonesia Sitaresti Astarini dalam konferensi pers, Selasa (31/1).

Lebih lanjut, antusiasme penggunanya untuk membuat konten pun meningkat selama bulan tersebut. Tercatat adanya kenaikan sebanyak 6.9 pada pengguna TikTok yang menunggah video selama bulan ramadan 2022.

Ada pun jenis konten yang diprediksi oleh perusahaan akan diminati oleh para penggunanya selama bulan Ramadan 2023. Di antaranya ialah pengenalan produk, tutorial atau tips, vlog harian hingga tradisi dan ritual selama bulan Ramadan.

Ditemukan pula bahwa peminat konten ceria dan penuh makna tak hanya diminati oleh para pengguna TikTok di kota besar saja. Melainkan, kota-kota kecil lainnya di Indonesia.

Terdapat 1 dari 2 pengguna di luar kota besar Indonesia sudah menggunakan TikTok. Sebanyak 71 persen dari mereka menggunakan TikTok setiap hari. Mereka berasal dari Kalimantan, Papua dan Riau.

Tren Belanja di TikTok Selama Bulan Ramadan

Riset TikTok ini turut menemukan tren berbelanja penggunanya selama bulan Ramadan. Pengguna TikTok lebih banyak berbelanja selama bulan ramadan sebesar 67 persen.

Melalui studi ini, TikTok menemukan bahwa adanya ragam gaya dan faktor pendorong berbelanja pengguna dalam upaya mendapatkan value for money. Sebanyak 51 persen responden menyaakan bahwa diskon menjadi pendorong untuk berbelanja.

TikTok

Produk bundling atau pket spesial Ramadan turut membuat responden cenderung dua kali lebih melakukan pembelian. Serta, sebanyak 98 persen responden menyatakan TikTok masih menajdi pilihan mereka untuk mencari inspirasi produk atau jasa.

TikTok menemukan bahwa hampir sebagian pengguna akan menghabiskan lebih banyak waktu di TikTok. Terutama di waktu ngabuburit.

Di hari raya, sebanyak 74 persen responden berencana untuk membuat konten kebersamaan dengan keluarga dan teman, serta hampir seluruh responden akan menampilkan video perayaan hari besar mereka di TikTok.

Lebih lanjut, 54 persen responden berniat menonton TikTok LIVE selama bulan puasa hingga Lebaran. Pengguna TikTok kini juga bisa melakukan pembelian dengan lebih mudah langsung di platform TikTok melalui TikTok Shop. Tren ini terlihat di bulan Ramadan tahun lalu, di mana TikTok Shop mencatat kenaikan penjualan online atau GMV selama periode tersebut. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Fitur Baru di Android 15 Ini Bisa Tingkatkan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam
Aplikasi

Fitur Baru di Android 15 Ini Bisa Tingkatkan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam

Google mengenalkan sejumlah fitur baru dalam sistem operasi Android 15. Salah satunya ialah fitur ya..

Aplikasi X Kenalkan Fitur Baru untuk Komunitas
Aplikasi

Aplikasi X Kenalkan Fitur Baru untuk Komunitas

X telah memperkenalkan versi baru fitur Komunitas, memberikan pengguna platform ini pengalaman yang ..

LINE Stickers Hadir dengan Fitur Baru Merangkai Stiker
Aplikasi

LINE Stickers Hadir dengan Fitur Baru Merangkai Stiker

Gadgetdiva.id – LY Corporation, pionir dalam industri aplikasi dan teknologi, telah memperk..

Microsoft Siap Luncurkan Mobile Game Store Pada Bulan Juli Mendatang
Aplikasi

Microsoft Siap Luncurkan Mobile Game Store Pada Bulan Juli Mendatang

Gadgetdiva.id — Microsoft tengah bersiap untuk meluncurkan platform mobile game store besut..

Gojek Luncurkan Paket Berlangganan Gojek PLUS
Aplikasi

Gojek Luncurkan Paket Berlangganan Gojek PLUS

Gadgetdiva.id – Gojek telah meluncurkan Gojek PLUS, paket berlangganan baru yang menawarkan..


;