Aplikasi

PeduliLindungi Beralih Jadi Aplikasi Satu Sehat Mulai 28 Februari

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berencana untuk melakukan transformasi pada aplikasi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile. Aplikasi tersebut akan diluncurkan pada 28 Februari 2023.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Chief Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji. Dia menyatakan bahwa pihaknya kini sedang melakukan transisi pada aplikasi PeduliLindungi ke Satu Sehat.

“Kami sedang transisi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat. Kami akan meluncurkan … mudah-mudahan akhir 28 Februari kami akan meluncurkan menjadi Satu Sehat Mobile,” tutur Setiaji pada pernyataannya, Kamis (16/2).

Setelah ditransformasikan, nantinya aplikasi Satu Sehat akan menyimpan semua rekam medis penggunanya. Tak hanya menyimpan informasi terkait COVID-19.

Rekam medis tersebut meliputi berbagai rekam vaksinasi, hasil laboratorium hingga basis data stunting. Tentunya, membantu para orang tua untuk mengetahui rekam medis anak-anaknya.

“Ibu-ibu bisa akses vaksinnya, vaksin anak-anak. Itu kan satu manfaat, ya, pada waktu nanti anaknya mau ke luar negeri, sekolah, nanti misalnya (ditanya) sudah (vaksin) polio belum. Itu akan ada di dalam Satu Sehat application,” imbuh Setiaji.

Aplikasi PeduliLindungi Jadi Satu Sehat

Setiaji turut mengimbau masyarakat untuk tidak meghapus atau uninstall aplikasi PeduliLindungi. Sebab, kementerian juga sedang menyiapkan aplikasi Satu Sehat yang nantinya dapat terhbung dengna perangkat wearable.

Pada aplikasi Satu Sehat itu akan membawa fitur pengumpulan poin yang dapat ditukarkan oleh masyarakat. Melalui poin tersebut, nantinya dapat ditukarkan oleh masyarakat untuk mendapatkan vitamin dan lainnya.

Setiaji menyatakan bahwa pihaknya bisa memastikan keamanan data pada aplikasi Satu Sehat. Sebab, aplikasi ini telah melewati asesmen dari Badan Siber dan Sandi Negara.

PeduliLindungi

Kemenkes juga telah mengupayakan aplikasi Satu Sehat telah memenhi standar pengelolaan keamanan informasi. Yaitu, ISO 27001.

“Kami sudah melakukan persiapan seperti misalkan asesmen BSSN, itu sudah lewat untuk fase asesmennya mulai dari tata kelola dan lain sebagainya,” ungkap dia.

Sebelumnya, aplikasi Satu Sehat sendiri sudah diresmikan oleh Kemenkes sejak Juli tahun lalu. Platform tersebut berfungsi untuk mengintegrasikan data layanan dari berbagai faskes di Indonesia. Muali dari klinik, puskesmas hingga apotek.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Fitur Baru di Android 15 Ini Bisa Tingkatkan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam
Aplikasi

Fitur Baru di Android 15 Ini Bisa Tingkatkan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam

Google mengenalkan sejumlah fitur baru dalam sistem operasi Android 15. Salah satunya ialah fitur ya..

Aplikasi X Kenalkan Fitur Baru untuk Komunitas
Aplikasi

Aplikasi X Kenalkan Fitur Baru untuk Komunitas

X telah memperkenalkan versi baru fitur Komunitas, memberikan pengguna platform ini pengalaman yang ..

LINE Stickers Hadir dengan Fitur Baru Merangkai Stiker
Aplikasi

LINE Stickers Hadir dengan Fitur Baru Merangkai Stiker

Gadgetdiva.id – LY Corporation, pionir dalam industri aplikasi dan teknologi, telah memperk..

Microsoft Siap Luncurkan Mobile Game Store Pada Bulan Juli Mendatang
Aplikasi

Microsoft Siap Luncurkan Mobile Game Store Pada Bulan Juli Mendatang

Gadgetdiva.id — Microsoft tengah bersiap untuk meluncurkan platform mobile game store besut..

Gojek Luncurkan Paket Berlangganan Gojek PLUS
Aplikasi

Gojek Luncurkan Paket Berlangganan Gojek PLUS

Gadgetdiva.id – Gojek telah meluncurkan Gojek PLUS, paket berlangganan baru yang menawarkan..


;