Twitter Bakal Nonaktifkan Fitur SMS Autentifikasi Dua Faktor Mulai Maret

0
Highlight

Gadgetdiva.id — Twitter dikabarkan akan menonaktifkan fitur SMS autentikasi dua faktor pada Maret 2023 mendatang. Fitur ini akan tersedia hanya untuk layanan Twitter Blue.

Platform menghimbau pengguna untuk beralih ke opsi autentikasi lainnya. Bagi pengguna yang masih menggunakan SMS autentikasi dua faktor ini dapat menonaktifkannya secara manual atau dinonaktifkan secara otomatis di Twitter pada 20 Maret 2023.

Fitur SMS autentikasi dua faktor di Twitter ini mendukung dua metode autentikasi dua faktor tambahan yang memerlukan aplikasi autentikasi atau kunci keamanan.

Fitur Autentikasi Dua Faktor Twitter

Pengguna Twitter yang memilih opsi Text sebagai opsi autentikasi dua faktor akan menerima perintah yang meminta mereka untuk memilih metode verifikasi yang berbeada. Sebab, fitur ini akan tersedia untuk layanan Twitter Blue saja.

Twitter Blue sendiri diubah menjadi layanan berlangganan pada akhir 2022. Pengguna dan organisasi dapat membayar sebesar USD 8 per bulan atau USD 11 per bulan di iOS. Guna mendapatkan tanda centang biru di situs dan beberapa hak istimewa yang terkait dengannya.

Autentikasi dua faktor ini menambahkan lapisan verifikasi kedua ke proses masuk. Alih-alih masuk dengan nama pengguna dan kata sandi, pengguna juga harus memasukkan kode yang mereka hasilkan atau terima menggunakan metode dukungan.

Twitter

Verifikasi berbasis teks sangat umum. Sebab, artinya menerima kode sebagai SMS baru di perangkat seluler.

Twitter sendiri berpendapat bahwa otentikasi dua faktor berbasis nomor telepon telah “digunakan – dan disalahgunakan – oleh aktor jahat”. Tidak jelas apa yang dimaksud perusahaan secara khusus dan mengapa fitur ini tetap diaktifkan untuk pelanggan Twitter.

Inilah arti perubahan bagi pengguna Twitter biasa yang menggunakan pesan teks sebagai metode autentikasi dua faktor. Fitur tersebut berfungsi hingga 20 Maret 2023.

Fitur autentikasi dua faktor ini dinonaktifkan oleh Twitter pada hari batas waktu secara otomatis, mebmbuat akun menjadi kurang aman dibandingkan dengan sebelumnya. Twitter mencatat bahwa nomor telepon terkait tidak secara otomatis dihapus dari akun, namun pengguna dapat melakukannya lewat pengaturan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan