Cara Aman Pakai Autentikasi Dua Faktor Gratis di Twiter

0
Video Call Twitter

Gadgetdiva.id — Autentikasi dua faktor di Twitter akan segera diberhentikan. Berikut adalah cara menggunakan autentikasi dua faktor dengan gratis lewat aplikasi pihak ketiga.

Twitter memberi kebijakan baru terkait keamanan di platformnya. Media sosial berlogo burung biru tersebut akan segera memberhentikan fitur SMS autentikasi dua faktor. Alih-alih, mengalihkannya ke layanan Twitter Blue.

Kebijakan ini akan mulai diberlakukan pada 20 Maret 2023 mendatang. Twitter akan menonaktifkan semua fitur SMS autentikasi pengguna secara otomatis, kecuali mereka yang berlangganan Twitter.

Ini artinya, bagi pengguna yang ingin menggunakannya, harus berlangganan Twitter Blue terlebih dahulu. Sedangkan, bagi pengguna Twitter yang tidak berlanggan tak akan menggunakan fitur keamanan apapun di platform tersebut.

Kendati, SMS autentikasi dua faktor ini dinilai termasuk fitur keamanan terlemah dari metode 2FA. Akun resmi mantan CEO Twitter Jack Dorsey bahkan pernah diretas ketika menggunakan fitur SMS autentikasi dua faktor ini.

Nah, bagi Paradiva yang tetap ingin berselancar di Twitter dengan aman dan gratis, kamu dapat menggunakannya lewat aplikasi pihak ketiga. Dilansir dari Neowin, ada beberapa langkah yang dapat kamu ikuti. Di antaranya sebagai berikut.

Cara menggunakan autentikasi dua faktor di Twitter lewat aplikasi pihak ketiga

1. Pertama, unduh terlebih dahulu aplikasi autentikasi dua faktor yang kamu inginkan. Beberapa aplikasi yang paling banyak digunakan ialah Microsoft Authenticator, Authy dan Google Authenticator.
2. Buka akun Twitter-mu. Kemudian, buka opsi Settings and Support > Security and account access > Security > Two-factor authentication.
3. Buka aplikasi autentikasi milikmu. Lalu, ikuti instruksi yang ditunjukkannya. Paradiva akan siminta untuk memasukkan password-mu satu kali untuk menyelesaikan proses setingnya.

Autentikasi dua faktorSetelah sukses aktifkan aplikasi autentikasi tersebut, Twitter akan memberikan backup code. Kamu perlu menyimpan kode ini selayaknya password. Sebab, kamu akan terus membutuhkannya jika koneksimu pada aplikasi autentikasi itu terputus.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan