Kanada Blokir Aplikasi TikTok Pada Ponsel Pemerintah

0
TikTok

Gadgetdiva.id — Kanada akan blokir aplikasi TikTok dari semua perangkat yang dikeluarkan oleh pemerintah. Larangan tersebut dikeluarkan mulai Selasa (28/2) kemarin.

Larangan aplikasi TikTok di Kanada ini terjadi beberapa hari setelah Komisi Eropa yang mengumumkan larangan serupa. Larangan ini bukan tanpa alasan.

Larangan tersebut merujuk pada peninjauan oleh kepala petugas informasi Kanada yang menyebut aplikasi tersebut berisiko terhadap privasi dan keamanan data pengguna. Sehingga, pihaknya memutuskan untuk melarang aplikasi tersebut.

Larangan Aplikasi TikTok di Kanada

Perdana Menteri Justin Trudeau menyatakan ada cukup banyak kekhawatiran terkait kemanan dalam aplikasi TikTok. Sehingga, memerlukan perubahan.

“Ini mungkin langkah pertama, ini mungkin satu-satunya langkah yang perlu kita ambil,” tukas dia pada konferensi pers di Toronto dikutip dari BBC, Senin (27/2).

TikTok sendiri telah dikritik karena penggunaan informasi pribadi dan hubungannya dengan pemerintah China. Sementara itu, pegawai federal AS kini sudah dilarang menggunakan TikTok sejak akhir tahun lalu.

Sebab itu, White House memberi waktu 30 hari kepada lembaga pemerintah untuk menghapus aplikasi dari sistem mereka.

Sejumlah univesitas di AS telah melarang TikTok untuk digunakan pada jaringan mereka. Larangan publik yang lebih luas telah diterapkan di India dan beberapa negara Asia lainnya.

Regulator privasi Kanada kini telah menyelidiki TikTok atas kekhawatiran terkait data pengguna. Khususnya apakah perusahaan memperoleh persetujuan yang “valid dan bermakna” dari pengguna saat mengumpulkan informasi pribadi.

Kendati, TikTok sendiri menaytakan bahwa mereka tidak memiliki akses ke data pengguna dan bahwa versi aplikasi China ini terpisah dari yang digunakan di seluruh dunia. Namun tahun lalu, perusahaan mengakui beberapa staf di China dapat mengakses data pengguna di Eropa.

Sekitar seperempat orang dewasa Kanada menggunakan apliaksi tersebut. Menurut survei baru-baru ini oleh para peneliti di Social Media Lab di Toronto Metropolitan University.

Menaggapi larangan Kanada terhadap aplikasinya, TikTok angkat bicara. Pihaknya mengajak pemerintah di negara tersebut untuk berdiskusi terkait pengelolaan keamanan privasi data dalam aplikasinya.

“Kami selalu tersedia untuk bertemu dengan pejabat pemerintah kami untuk membahas bagaimana kami melindungi privasi dan kemanan warga Kanada,” tutur juru bicara TikTok dalam pernyataan resminya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan