Indonesia Punya Pusat Informasi 5G, 5GNow.id

0
5G
Foto: Pexels

Gadgetdiva.id — Pusat informasi 5G di Indonesia kini bisa diakses di satu website yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Sebuah website yang beralamat di 5GNow.id

Pusat informasi 5GNow.id ini merupakan besutan dari kolaborasi hampir semua pemangku kepentingan di bidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Diprakarsai oleh PT Alita Praya Mitra, portal ini didukung oleh regulator, operator seluler, penyedia perangkat, dan lain sebagainya.

“Pemerintah sangat mengapresiasi serta mendukung penuh adanya portal 5Gnow.id ini. Portal ini akan berfungsi sebagai penghubung (hub) untuk berbagi update terbaru tentang perkembangan teknologi jaringan generasi ke-5, yang sedang berlangsung di Indonesia,” ujar Denny Setiawan, Direktur Penataan Sumber Daya, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kemenkominfo.

5G
Foto: Reuters

Denny mengatakan jika portal ini dirancang sebagai platform kolaboratif yang melibatkan secara aktif para pemangku kepentingan, baik lokal maupun global, sehingga dapat tetap mendapatkan informasi terbaru, sekaligus dapat memberikan umpan balik yang berharga terkait dengan inisiatif dan kebijakan teknologi generasi ke-5 ini.

“Kami berharap portal ini dapat menjadi sesuatu yang berharga bagi mereka yang tertarik dengan perkembangan teknologi ini di Indonesia. Pada akhirnya kami berharap portal ini juga mampu mendorong pengembangan aplikasi yang inovatif dan selaras dengan kebijakan Pemerintah untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN),” ujarnya.

5GNow.id, Portal Informasi Soal 5G

Sebagai salah satu pemrakarsa portal tersebut, PT Alita Praya Mitra (Alita) melihat pentingnya platform ini sebagai tempat berkumpulnya ekosistem dan menjembatani komunikasi secara interaktif dengan multi-stakeholders, terutama masyarakat dan korporasi sebagai pengguna layanan dan solusi berbasis jaringan genersi ke-5

Hal ini diungkapkan oleh Martini Soejatno, Sales & Marketing Director Alita. Menurutnya, sebagai penyedia solusi dan layanan TIK, Alita juga berkomitmen untuk mendukung pengembangan teknologi tersebut di Indonesia.

“5G membutuhkan infrastruktur serta sistem integrator yang matang dan terpercaya. Kami bekerja sama untuk mempromosikan dan meningkatkan penyebarannya di Indonesia untuk mendukung operator seluler guna menghadirkan layanan yang berkualitas, cepat, handal serta ekonomis kepada masyarakat dengan menerapkan teknologi ini serta guna mendukung solusi berbasis Internet of Things, IPV6, dan serat optik,” ujar Martini.

Diketahui, portal 5Gnow.id juga mendapat dukungan dari berbagai pemangku kepentingan di industri TIK, mulai dari KOMINFO, ASIOTI, Mastel, ALITA, ATSI, Telecom Infra Project, GSMA, APAC5G, Meta, Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison, NPERF, ITB, ITS, Telkom University, Huawei, Ericsson, Nokia, ZTE, hingga Qualcomm.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan