Aplikasi

Alni, Asisten AI untuk Dokter dari Platform Alodokter

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Alodokter mengenalkan asisten AI yang diperuntukkan bagi para dokter. Asisten AI tersebut dinamakannya Alni.

Alni merupakan asisten virutal interaksi percakapan yang dirancang khusus untuk para dokter. Teknologi ini telah dikembangkan oleh Alodokter sejak 2018 lalu.

Ikut Tren, Meta Ingin Menambah AI ke WhatsApp, Instagram dan Messenger

Asisten AI Alni ini menggunakan data yang sudah dikumpulkan oleh Alodokter secara kolektif. Tepatnya melalui jutaan telekonsultasi pasien dan saran-saran konstruktif konstan dari dokter yang telah berlangsung dalam platform mereka.

Alni sendiri menggunakan teknologi AI percakapan untuk melakukan pre-screen melalui rangkaian pertanyaan dan menghasilkan pre-diagnosis. Supaya dapat menjadi rekomendasi yang dapat digunakan oleh dokter telemedesin dari platform Alodokter.

Mengenal Alni di Alodokter

“Kami selalu percaya bahwa teknologi AI dan dokter akan bekerja sama dengan sangat baik,” tutur CEO Alodokter Nathanael Faibis yang dikutip dari pernyataan resminya.

Menurut dia, AI memiliki memori yang tak terbatas dan kapasitas yang baik. Fungsinya untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan kunci pada pasien dan dokter memiliki kemampuan untuk meamstikan akurasi diagnosa. Sekaligus, menunjukkan empati yang dibutuhkan pasien selama konsultasi berlangsung.

Menurut penjelasan dari Chief Medical Officer Alodokter Louise Hewitt, Alni akan menyediakan bantuan yang mulus untuk dapat rekomendasi instan untuk para dokter dengan berbasis kepada semua informasi yang tersedia mengenai kondisi pasiennya. 

Informasi yang dihimpun oleh AI tersebut dapat membantu dokter untuk membuat keputusan akhir.

Alni

“Setelah dokter memiliki semua informasi yang disusun oleh kemampuan AI kami, selanjutnya adalah peran dokter untuk membuat keputusan akhir,” ungkap dia. 

Alodokter sendiri kini telah menggunakan percakapan sebagai alat utama untuk telemedisin. Mereka mengaktifkan koneksi antara sistem AI dan juga rekam medis elektronik.

Kemajuan teknologi inilah yang dinilai mereka dapat memberi dampak positif kepada kemampuan telemedisin yang kini sudah dilakukan secara masif. Lebih lanjut, sebanyak 80 persen dokter umum dari Alodokter yang telah terbantu oleh teknologi AI saat melakukan telekonsultasi dengan pasien.

Dalam pengembangan Alni pun, banyak dokter dari platform ini yang aktif bekrontribusi. Yakni, melalui ribuan saran yang dikirimnya setiap hari terkait rekomendasi kesehatan yang terdapat dalam teknologi tersebut.

“Kami berjuang untuk menciptakan hubungan simbiotik antara dokter dan AI untuk memastikan akurasi diagnosis yang maksimal,” tutup Nathanael Faibis. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Kayak TikTok, Intip Desain Baru Homescreen Spotify
Aplikasi

Kayak TikTok, Intip Desain Baru Homescreen Spotify

Gadgetdiva.id — Tampilan horizontal layaknya TikTok sepertinya masih menjadi sorotan platf..

Ikut Tren, Meta Ingin Menambah AI ke WhatsApp, Instagram dan Messenger
Aplikasi

Ikut Tren, Meta Ingin Menambah AI ke WhatsApp, Instagram dan Messenger

Gadgetdiva.id — Meta melalui Mark Zuckerberg dikabarkan bakal menambah teknologi AI untuk b..

Riset GajiGesa Ungkap Pekerja Indonesia Lebih Puas Menggunakan EWA
Aplikasi

Riset GajiGesa Ungkap Pekerja Indonesia Lebih Puas Menggunakan EWA

Gadgetdiva.id — Platform solusi kesehatan finansial karyawan, GajiGesa dan Indef mengungka..

TikTok Tetapkan Limit Screen Time Satu Jam untuk Pengguna Remaja
Aplikasi

TikTok Tetapkan Limit Screen Time Satu Jam untuk Pengguna Remaja

Gadgetdiva.id — TikTok baru saja menetapkan batas waktu screen time terbaru untuk pengguna..


;