Alni, Asisten AI untuk Dokter dari Platform Alodokter

0
Alni

Gadgetdiva.id — Alodokter mengenalkan asisten AI yang diperuntukkan bagi para dokter. Asisten AI tersebut dinamakannya Alni.

Alni merupakan asisten virutal interaksi percakapan yang dirancang khusus untuk para dokter. Teknologi ini telah dikembangkan oleh Alodokter sejak 2018 lalu.

Asisten AI Alni ini menggunakan data yang sudah dikumpulkan oleh Alodokter secara kolektif. Tepatnya melalui jutaan telekonsultasi pasien dan saran-saran konstruktif konstan dari dokter yang telah berlangsung dalam platform mereka.

Alni sendiri menggunakan teknologi AI percakapan untuk melakukan pre-screen melalui rangkaian pertanyaan dan menghasilkan pre-diagnosis. Supaya dapat menjadi rekomendasi yang dapat digunakan oleh dokter telemedesin dari platform Alodokter.

Mengenal Alni di Alodokter

“Kami selalu percaya bahwa teknologi AI dan dokter akan bekerja sama dengan sangat baik,” tutur CEO Alodokter Nathanael Faibis yang dikutip dari pernyataan resminya.

Menurut dia, AI memiliki memori yang tak terbatas dan kapasitas yang baik. Fungsinya untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan kunci pada pasien dan dokter memiliki kemampuan untuk meamstikan akurasi diagnosa. Sekaligus, menunjukkan empati yang dibutuhkan pasien selama konsultasi berlangsung.

Menurut penjelasan dari Chief Medical Officer Alodokter Louise Hewitt, Alni akan menyediakan bantuan yang mulus untuk dapat rekomendasi instan untuk para dokter dengan berbasis kepada semua informasi yang tersedia mengenai kondisi pasiennya. 

Informasi yang dihimpun oleh AI tersebut dapat membantu dokter untuk membuat keputusan akhir.

Alni

“Setelah dokter memiliki semua informasi yang disusun oleh kemampuan AI kami, selanjutnya adalah peran dokter untuk membuat keputusan akhir,” ungkap dia. 

Alodokter sendiri kini telah menggunakan percakapan sebagai alat utama untuk telemedisin. Mereka mengaktifkan koneksi antara sistem AI dan juga rekam medis elektronik.

Kemajuan teknologi inilah yang dinilai mereka dapat memberi dampak positif kepada kemampuan telemedisin yang kini sudah dilakukan secara masif. Lebih lanjut, sebanyak 80 persen dokter umum dari Alodokter yang telah terbantu oleh teknologi AI saat melakukan telekonsultasi dengan pasien.

Dalam pengembangan Alni pun, banyak dokter dari platform ini yang aktif bekrontribusi. Yakni, melalui ribuan saran yang dikirimnya setiap hari terkait rekomendasi kesehatan yang terdapat dalam teknologi tersebut.

“Kami berjuang untuk menciptakan hubungan simbiotik antara dokter dan AI untuk memastikan akurasi diagnosis yang maksimal,” tutup Nathanael Faibis. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan