Duduki Peringkat Top 10 di App Store, Ini Lemon8 Aplikasi Saingan Instagram dari ByteDance

0
Lemon8

Gadgetdiva.id — Nama Lemon8 sempat ikut populer beberapa pekan belakangan ini di tengah pergolakan TikTok dengan Kongres Amerika Serikat. Aplikasi besutan ByteDance ini masuk dalam peringkat Top 10 di App Store Amerika Serikat.

Lemon8 sebagai aplikasi milik ByteDance ini masuk dalam Top Charts App Store AS dalam kategori Overall App. Mereka berhasil menduduki peringkat No. 10.

Aplikasi Lemon8 sendiri resmi diluncurkan oleh ByteDance pada Maret 2020, konon aplikasi ini dirilis secara diam-diam di App Store Amerika Serikat. Namun, hanya untuk pengujian.

Lain halnya dengan TikTok, aplikasi Lemon8 ini bisa dibilang campuran dari Instagram dan Pinterest. Kini, jumlah unduhan aplikasi tersebut telah berhasil melampaui Pinterest, bahkan Tinder.

Mengenal Aplikasi Lemon8 Lebih Jauh

Melansir dari The Seattle Times, informasi yang beredar menyatakan bahwa Lemon8 ini dimiliki oleh ByteDance. Perusahaan yang juga memiliki TikTok dan berbasis di Beijing.

Namun, App Store Apple mencantumkan Heliophilia Pte yang berbasis di Singapura sebagai pemilik dari Lemon8. Sebuah company registry dari Singapura menunjukkan bahwa Heliphilia terletak di alamat yang smaa dengan kantor pusat lokal TikTok dan mencantumkan Zhou Qin yang merupakan seorang warga asal Singapura.

Tahun lalu, Reuters melaporkan bahwa apliaksi tersebut diawasi oleh Alex Zhu sebagai VP of Product and Strategy ByteDance dan mantan CEO TikTok.

Terlepas dari hubungannya dengan TikTok, Lemon8 sendiri memiliki lebih banyak kesamaan dengan Xiaohongshu yang secara harfiah diterjemahkan sebagai Buku Merah Kecil. Yakni, sebuah aplikasi China yang dinamakan RED.

Lemon8

Aplikasi ini didirikan pada tahun 2013 sebagai komunitas online yang merekomendasikan situs e-commerce luar negeri untuk pengguna di China. Lalu, memasuki era e-commerce.

Hingga, kemudian berkembang menjadi platform media sosial. Merupakan tempat pengguna berbagi momen kehidupan sehari-hari mereka melalui video dan gambar tentang berbagai topik, termasuk perawatan kulit, makanan dan perjalanan.

Lemon8 ini sangat populer di kalangan pengguna wanita muda. Aplikasi ini kemudian diluncurkan di Jepang pada April 2020 dan telah melampaui 5 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia tahun lalu dan telah diluncurkan di berbagai wilayah, termasuk Indonesia dan Singapura.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan