More
    BerandaAplikasiCara Apriyani Rahayu Atur Cash Flow

    Cara Apriyani Rahayu Atur Cash Flow

    Gadgetdiva.id — Atlet bulu tangkis Apriyani Rahayu baru saja didapuk sebagai Brand Ambassador Kredivo. Dirinya membagikan tips seputar mengatur cash flow.

    “Kehadiran akses keuangan digital seperti paylater memberikan kemudahan kepada masyarakat, terutama generasi muda, dalam mengatur cash flow mereka,” pungkas Apriyani Rahayu dalam pernyataan resminya pada Rabu (17/5).

    Apriyani percaya bahwa cash flow merupakan indikator kesehatan finansial yang sangat penting. Menurut dia, melalui cash flow, kita bisa menjadi lebih tenang dalam mengejar cita-cita maupun mengejar prestasi karena hasil kerja keras kita tidak hilang maupun terbuang sia-sia.

    - Advertisement -

    Apriyani juga menegaskan bahwa mengelola cash flow sejak dini dapat menjadi kunci kesuksesan di usia muda. Lantas bagaimana sih cara mengatur cash flow yang benar?

    Tips Atur Cash flow ala Apriyani Rahayu

    Apriyani Rahayu turut membagikan tips mengatur cash flow yang biasa dilakukannya. Ada beberapa langkah yang dapat kamu ikuti, di antaranya sebagai berikut.

    • Catat dan rencanakan anggaran bulanan
    Buatlah anggaran untuk pendapatan dan pengekuaran. Kemudian, pastikan bahwa pengeluaranmu tidak melebihi pendapatan. Dengan mencatat dan merencanakan anggaran bulanan, kamu dapat memahami cash flow-mu sendiri dan dapat mengontrol pengeluaranmu dengan lebih efektif.

    - Advertisement -

    • Terapkan prinsip pengelolaan keuangan 50-30-20

    Kamu dapat membagi pendapatanmu dalam tiga kategori. Misalnya, 50% pendapatan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan pokok, 30% untuk kebutuhan non-pokok dan 20% untuk tabungan dan investasi. Penerapan prinsip ini akan memungkinkan kamu untuk mengelola pengeluaran secara lebih terstruktur dan memastikan pengeluaran seimbang.

    • Buat skala prioritas kebutuhan

    Dengan memiliki skala prioritas kebutuhan, kamh dapat memastikan bahwa pengeluaranmu terfokus pada kebutuhan yang paling penting dan dapat menunda pembelian kebutuhan yahg kurang penting atau darurat. Hal ini tentunya dapat menyehatkan cash flow-mu.

    • Sisihkan pendapatan untuk instrumen tabungan dan investasi

    Penting untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk instrumen tabungan dan investasi dalam rangka menjaga cash flow yang sehat. Dengan menyisihkan sebagian pendapatan kamu untuk tabungan investasi, kamu dapat menciptakan cadangan dana darurat yang berguna jika terjadi keadaan darurat atau ketidakpastian ekonomi.

    Tabungan dan investasi juga dapat menjadi instrumen keunlangan untuk menjamin kesejahteraanmu pada masa tua. Khususnya, ketika kamu sudah tidak bekerja lagi atau memasuki masa pensiun.

    • Memanfaatkan kehadiran layanan keuangan digital dengan bijak

    Kehadiran layanan keuangan digital seperti paylater pada dasarnya akan mampu menjaga cash flow agar tetap sehat. Hal ini dikarenakan masyarakat dapat memastikan kebutuhan sehari-hari mereka supaya terpenuhi.

    Namun, jumlah pengeluarannya tidak bengkak melalui program cicilan yang ditawarkan. Sehingga, cash flow akan selalu terjaga dan tetap sehat. Terlebih, paylater memiliki fleksibilitas dalam pembayaran secara berkala hingga 12 bulan dengan bunga mulai dari 0%.

    “Penting bagi kita untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran dengan bijak, serta belanja sesuai dengan prioritas kebutuhan,” tutup Apriyani.

    Nadhira Aliya Nisriyna
    Nadhira Aliya Nisriynahttps://letterboxd.com/nadddss/
    Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Latest Stories