Aplikasi

WhatsApp Sediakan Fitur Channel, Intip Fungsinya!

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Fitur Channel atau Siaran WhatsApp resmi dirilis oleh platform. Sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mendalami minat mereka.

Fitur Channel ini merupakan cara yang mudah bagi pengugna untuk menrima infor terkini dari orang-orang hingga organisasi di platform. Setiap channel memiliki admin untuk mengelola.

Aplikasi Health Apple Turut Diperbarui, Ini Kelebihannya

Melalui fitur Channel ini, pengguna juga dapat mengirim teks, foto, video, stiker dan polling. Pengguna juga dapat memilih saluran yang ingin mereka ikuti sesuai dengan minat maupun hobi mereka.

“Kami membuat direktori yang dapat dicari tempat Anda dapat menemukan hobi, tim olahraga, informasi terbaru dari otoritas setempat dan banyak lainnya,” ungkap WhatsApp dalam keterangan resminya dikutip Jumat (9/6).

Selain itu, pengguna juga dapat mengikuti sebuah saluran dari tautan undangan yang dikirim melalui chat, email maupun diposting secara online. Keamanan dan privasi pengguna pun juga terjamin.

Salah satunya ialah dengan melindungi informasi pribadi admin dan para pengikutnya. Sebagai admin saluran, nomor telepon dan foto profil tidak akan ditampilkan kepada pengikut.

fitur channel

Begitu pula sebaliknya, nomor telepon pengguna juga tidak akan ditampilkan kepada admin maupun pengikut lainnya. Terlebih saat pengguna mengikuti sebuah saluran.

Para admin memiliki kemampuan untuk memblokir tangkapan layar dan pesan yang diteruskan dari saluran mereka. Kemudian, mereka dapat memutuskan siapa saja yang bisa mengikuti saluran mereka dan apakah mereka ingin saluran mereka dapat ditemukan pada direktori maupun tidak.

“Mengingat bahwa tujuan Saluran adalah untuk menjangkau audiens yang luas, saluran tidak dienkripsi end-to-end secara default. Kami melihat ada beberapa kasus di mana saluran terenkripsi end-to-end untuk audiens terbatas mungkin dapat diterapkan, seperti organisasi nirlaba atau organisasi kesehatan, dan kami juga sedang menjajaki hal ini sebagai opsi di masa depan,” imbuh WhatsApp. 

Selain itu, riyawat Channel juga dibatasi hingga 30 hari di server. WhatsApp akan menambahkan cara untuk menghilangkan pembaruan lebih cepat dari perangkat pengikut.

Fitur Channel WhatsApp sendiri kini telah tersedia di Kolombia dan Singapura. Perusahaan akan kembali memperluas fitur tersebut ke lebih banyak negara.

Ke depannya, para admin akan dapat membangun bisnis di sekitar saluran mereka melalui layanan pembayaran. Serta, kemampuan mereka dalam mempromosikan saluran tertentu dalam direktorinya untuk meningkatkan awareness.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Hari Pertama Jadi CEO Twitter, Ini Cuitan Linda Yaccarino
Aplikasi

Hari Pertama Jadi CEO Twitter, Ini Cuitan Linda Yaccarino

Gadgetdiva.id — Setelah ditunjuk menjadi CEO Twitter bulan lalu oleh Elon Musk, kini Linda..

Aplikasi Health Apple Turut Diperbarui, Ini Kelebihannya
Aplikasi

Aplikasi Health Apple Turut Diperbarui, Ini Kelebihannya

Gadgetdiva.id — Seiring dengan diperkenalkannya iOS 17, aplikasi Health di Apple juga turu..

LINE Luncurkan Fitur Terbaru "Selfie AI”
Aplikasi

LINE Luncurkan Fitur Terbaru "Selfie AI”

Gadgetdiva.id – LINE Corporation meluncurkan Selfie AI yang terdapat pada layanan perluasan..

Fitur Top Results Gmail Permudah Pengguna Cari Email Penting
Aplikasi

Fitur Top Results Gmail Permudah Pengguna Cari Email Penting

Gadgetdiva.id — Google menghadirkan fitur Top Results di layanan Gmail pada Sabtu (3/6). F..


;