Aplikasi

WhatsApp Sediakan Fitur Channel, Intip Fungsinya!

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Fitur Channel atau Siaran WhatsApp resmi dirilis oleh platform. Sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mendalami minat mereka.

Fitur Channel ini merupakan cara yang mudah bagi pengugna untuk menrima infor terkini dari orang-orang hingga organisasi di platform. Setiap channel memiliki admin untuk mengelola.

Melalui fitur Channel ini, pengguna juga dapat mengirim teks, foto, video, stiker dan polling. Pengguna juga dapat memilih saluran yang ingin mereka ikuti sesuai dengan minat maupun hobi mereka.

“Kami membuat direktori yang dapat dicari tempat Anda dapat menemukan hobi, tim olahraga, informasi terbaru dari otoritas setempat dan banyak lainnya,” ungkap WhatsApp dalam keterangan resminya dikutip Jumat (9/6).

Selain itu, pengguna juga dapat mengikuti sebuah saluran dari tautan undangan yang dikirim melalui chat, email maupun diposting secara online. Keamanan dan privasi pengguna pun juga terjamin.

Salah satunya ialah dengan melindungi informasi pribadi admin dan para pengikutnya. Sebagai admin saluran, nomor telepon dan foto profil tidak akan ditampilkan kepada pengikut.

fitur channel

Begitu pula sebaliknya, nomor telepon pengguna juga tidak akan ditampilkan kepada admin maupun pengikut lainnya. Terlebih saat pengguna mengikuti sebuah saluran.

Para admin memiliki kemampuan untuk memblokir tangkapan layar dan pesan yang diteruskan dari saluran mereka. Kemudian, mereka dapat memutuskan siapa saja yang bisa mengikuti saluran mereka dan apakah mereka ingin saluran mereka dapat ditemukan pada direktori maupun tidak.

“Mengingat bahwa tujuan Saluran adalah untuk menjangkau audiens yang luas, saluran tidak dienkripsi end-to-end secara default. Kami melihat ada beberapa kasus di mana saluran terenkripsi end-to-end untuk audiens terbatas mungkin dapat diterapkan, seperti organisasi nirlaba atau organisasi kesehatan, dan kami juga sedang menjajaki hal ini sebagai opsi di masa depan,” imbuh WhatsApp. 

Selain itu, riyawat Channel juga dibatasi hingga 30 hari di server. WhatsApp akan menambahkan cara untuk menghilangkan pembaruan lebih cepat dari perangkat pengikut.

Fitur Channel WhatsApp sendiri kini telah tersedia di Kolombia dan Singapura. Perusahaan akan kembali memperluas fitur tersebut ke lebih banyak negara.

Ke depannya, para admin akan dapat membangun bisnis di sekitar saluran mereka melalui layanan pembayaran. Serta, kemampuan mereka dalam mempromosikan saluran tertentu dalam direktorinya untuk meningkatkan awareness.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Trending di Twitter, Apa Itu Smadav?
Aplikasi

Trending di Twitter, Apa Itu Smadav?

Kata Smadav menjadi trending topic dan menempati urutan ke-5 saat artikel ini diturunkan. Awalnya, k..

Fitur Baru di Android 15 Ini Bisa Tingkatkan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam
Aplikasi

Fitur Baru di Android 15 Ini Bisa Tingkatkan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam

Google mengenalkan sejumlah fitur baru dalam sistem operasi Android 15. Salah satunya ialah fitur ya..

Aplikasi X Kenalkan Fitur Baru untuk Komunitas
Aplikasi

Aplikasi X Kenalkan Fitur Baru untuk Komunitas

X telah memperkenalkan versi baru fitur Komunitas, memberikan pengguna platform ini pengalaman yang ..

LINE Stickers Hadir dengan Fitur Baru Merangkai Stiker
Aplikasi

LINE Stickers Hadir dengan Fitur Baru Merangkai Stiker

Gadgetdiva.id – LY Corporation, pionir dalam industri aplikasi dan teknologi, telah memperk..

Microsoft Siap Luncurkan Mobile Game Store Pada Bulan Juli Mendatang
Aplikasi

Microsoft Siap Luncurkan Mobile Game Store Pada Bulan Juli Mendatang

Gadgetdiva.id — Microsoft tengah bersiap untuk meluncurkan platform mobile game store besut..


;