Microsoft Akui Adanya Serangan DDoS Awal Juni

0
Biznet Gio

Gadgetdiva.id — Microsoft mengakui adanya serangan DDoS yang mengganggu beberapa layanannya di awal Juni 2023. Serangan itu disebut denial-of-service (DDoS).

Searangan DDoS ini merupakan jenis serangan dunia maya yang membanjiri jaringan atau server dengan lalu lintas agar tidak tersedia bagi pengguna. Downdetector.com melihat adanya gangguan tersebut.

Laporan menyatakan bahwa Microsoft 365 termasuk Word dan Excel akan mengalami masalah downtime skala besar. Merekan mengklaim bahwa setidaknya ada 15.000 layanan pengguna seperti email mati.

Selain itu, peristiwa tersebut berlangsung selama lebih dari dua jam dan keesokan paginya terjadi lagi secara singkat. Microsoft kini telah secara resmi mengonfirmasi bahwa gangguan tersebut disebabkan oleh serangan siber.

Perusahaan menyatakan bahwa pemadaman yang memengaruhi beberapa layanan perushaan awal bulan ini disebabkan oleh serangan dunia maya. Namun, ia juga mengklaim tidka menemukan jejak data pengguna yang dicuri.

Microsoft

Microsoft juga menyatakan telah meluncurkan penyelidikan dan mulai melacak DDoS yang diluncurkan oleh aktor ancaman Storm-1359. Perusahaan menulis dalam posting blog.

“Mulai awal Juni 2023, Microsoft telah mengamati lonjakan lalu lintas ke beberapa layanan, menyebabkan layanan untuk sementara tidak tersedia,” tulis Microsoft dikutip dari Gizchina pada Selasa (20/6).

Microsoft 365 merupakan serangan DoS dan tergetnya adalah platform cloud dan aplikasi email Outlook. Serangan tersebut berdampak serius dengan lebih dari 15.000 pemadaman.

Perusahaan mengonfirmasi bahwa gangguan tersebut disebabkan oleh serangan siber. Microsoft juga mengkaim sedang menyelidiki masalah tersebut.

Menurut Quartz, sebuah kelompok yang memiliki hubungan dengan Rusia, Anonymous Sudan mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan