Kaspersky Who Calls, Aplikasi Blokir Panggilan Spam Hindari Penipuan

0
kaspersky who calls
Kinan dalam drama seri Layangan Putus.

Gadgetiva.id — Maraknya penipuan dan spam membuat Kaspersky berinisiatif kembangkan aplikasi Who Calls. Aplikasi Kaspersky Who Calls ini diklaim akan melindungi pengguna di Indonesia dari panggilan spam dan penipuan. Atau bisa juga buat mengenali nomor telepon tak dikenal sehingga Paradiva bisa waspada.

Menurut perusahaan asal Rusia itu, Kaspersky Who Calls dibuat karena panggilan spam dan penipuan di Indonesia tidak terbendung lagi selama dua tahun terakhir. Paradiva tahu True Caller kan? Nah, aplikasi ini mirip dengan True Caller atau Get Contact yang lebih dulu dikenal para pengguna smartphone di Indonesia.

kaspersky who calls

“Selama dua tahun terakhir, penipuan seluler berada di momentumnya dan menjadi salah satu jenis penipuan paling populer di Indonesia, dengan setengah (49,95 persen) pengguna menghadapi spam telepon dari Desember 2022 – Januari 2023. Selanjutnya, 7,4 persen menerima telepon dari nomor yang mereka anggap sebagai penipuan setidaknya sekali,” ujar Adrian Hia, Managing Director untuk Asia Pasifik di Kaspersky.

Kaspersky Who Calls

Hia menjabarkan jika Kaspersky memahami kebutuhan pengguna Indonesia untuk memerangi risiko besar dari panggilan penipuan dan spam seluler. Oleh karena itu dihadirkanlah Kaspersky Who Calls. Aplikasi ini akan memberikan lapisan perlindungan ekstra terhadap panggilan tidak dikenal dan mungkin berbahaya.

“Dengan Kaspersky Who Calls, kami berharap dapat membantu pengguna agar tetap dapat berkomunikasi dengan keluarga, kolega dan orang tercinta secara aman. Tersedia dalam tiga versi yakni versi gratis, berlangganan bulanan, atau berlangganan tahunan dengan masa percobaan gratis selama seminggu. Fungsionalitas dasar aplikasi – deteksi panggilan penipuan dan spam – tersedia dalam versi gratis,” papar Hia.

Kaspersky Who Calls adalah aplikasi yang menampilkan algoritme machine learning yang membantu mengidentifikasi spammer dan scammer potensial. Selain itu, pengguna dapat menambahkan sendiri nomor yang mencurigakan ke basis data spammer. Untuk mengidentifikasi panggilan tak dikenal, aplikasi diaktifkan tanpa memerlukan informasi sensitif seperti nomor telepon pengguna. Selain itu, untuk menggunakan Kaspersky Who Call, pengguna tidak perlu mendaftarkan nomor telepon, atau data sensitif lainnya.

Versi berbayar memiliki lebih banyak fitur. Misalnya, memungkinkan untuk memblokir nomor yang tidak diinginkan berdasarkan kategori. Untuk pemilik perangkat iOS, detail nama dan kategori organisasi juga tersedia. Selain itu pengguna tidak akan melihat iklan di dalam aplikasi.

Untuk pengguna Indonesia, aplikasi ini dapat diunduh dari App Store dan Google Play dengan biaya berlangganan bulanan adalah sebesar Rp.35.000.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan