Juragan Doku Buat UMKM Jualan Instant, Langsung Checkout dari IG Story

0
juragan doku
Wanita memperlihatkan tampilan aplikasi Juragan Doku yang memungkinkan UMKM untuk jualan instant, bahkan dari IG Story. (Foto: Sarie)

Gadgetdiva.id — Doku, yang dikenal sebagai aplikasi pembayaran merchant, kini memiliki Juragan Doku, sistem pembayaran instant yang bisa dipakai oleh para UMKM untuk langsung berjualan di media sosial.

Untuk menggunakannya, unduh terlebih dahulu melalui Google PlayStore. Perlu diingat jika Doku dan Juragan Doku adalah dua aplikasi yang berbeda.

Pengenalan Juragan Doku juga menjadi tanda bahwa Doku telah melakukan transformasi bisnis, dari payment gateway menjadi perusahaan teknologi pembayaran.

Mereka juga mengatakan akan melakukan pengembangan bisnis ke Asia Tenggara dalam beberapa tahun ke depan. Sebelumnya, Doku sendiri sudah mengakuisisi aplikasi pembayaran di Malaysia, SenangPay.

juragan doku
CEO Doku, Chris Yeo.

“Juragan DOKU, menawarkan cara terima pembayaran yang cepat, mudah dan lengkap baik online maupun offline bagi para penjual di media sosial atau yang lebih dikenal dengan sebutan social sellers. Mereka menjadi target pasar utama bagi Juragan DOKU di fase awal ini. Melalui Juragan DOKU kami berharap tidak hanya dapat meningkatkan jumlah transaksi sukses saja, namun juga mendukung social sellers untuk memperluas basis pelanggan mereka dengan tersedianya berbagai metode pembayaran,” ujar CEO Doku, Chris Yeo, saat memperkenalkan Juragan Doku di Hotel Pullman, Jakarta, Senin, 3 Juli 2023.

Ditambahkan Head of SME Doku, Angga Narendra, sejak memperkenalkan Juragan DOKU sekitar awal 2023 secara organik, tercatat sebanyak 10.000 UMKM Indonesia sudah bergabung menjadi Juragan.

juragan doku
Founder Jogjamu, Anindwitya Rizqi Monica sedang berdiskusi sambil menjelaskan produk jamu dengan (kiri) Plh. Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Rulli Nuryanto dan (kanan) Chief Executive Officer DOKU, Chris Yeo sesaat setelah acara peluncuran Juragan DOKU

“Indikasi ini yang membuat kami semakin yakin untuk melanjutkan ekspansi DOKU untuk menggarap segmen UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa,” ujar Angga.

Berikut manfaat dari masing-masing fitur unggulan di aplikasi Juragan DOKU:

  1. Instant Checkout: Transaksi sukses via postingan story Instagram yang sudah disematkan link instant checkout. Pelanggan dapat langsung melakukan pembayaran tanpa harus berpindah aplikasi/platform.
  2. Payment Link: Beragam cara terima pembayaran mulai dari aplikasi chat, email, atau DM media sosial. Buat payment link ringkas, siap sebar dengan mengikuti 3 langkah mudah.
  3. E-Katalog: Katalog online langsung pakai yang menampilkan foto produk secara rapi, terhubung dengan beragam opsi pembayaran dan dilengkapi jasa pengiriman.
  4. QRIS: Proses daftar QRIS secara mandiri sampai disetujui melalui aplikasi. Didukung oleh notifikasi real-time dan fitur rekap transaksi. Dapat digunakan untuk berbisnis online maupun offline.

Dalam perjalanan bisnisnya selama 16 tahun di Indonesia, DOKU telah melayani lebih dari 150,000 merchant payment gateway dari 18 kategori bisnis dan lebih dari 5 juta pengguna e-wallet. Tahun 2022 menjadi tahun prestasi bagi DOKU pasca pandemi COVID-19, dimana jumlah transaksi sukses mencapai 145 Juta dan secara volume, transaksi DOKU bertumbuh sebesar 80% jika dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan pencapaian ini, DOKU telah mengantongi profit terhitung sejak kuartal ke-4 di 2022.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.
Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan