Aplikasi

Situs info.go.id Integrasikan 27.400 Aplikasi Milik Pemerintah RI

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meresmikan situs info.go.id. Merupakan sebuah portal berisi layanan informasi publik untuk masyarakat.

Diresmikan pekan lalu oleh Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) Budi Arie Setiadi, tepatnya pada Rabu (23/8). Situs info.go.id merupakan gabungan dari 27.400 aplikasi pemerintah yang belum terintegrasi dan berporensi saling tumpang tindih.

Resmi! Meta Sediakan Platform Thread Versi Web

“Karena sangat kreatifnya mungkin, bikin ini, bikin informasi di tingkat dirjen bikin, direktur bikin, setiap dinas di tingkat kabupaten dan kota bikin, semua adu kreatif menampilkan performa kerjanya. Awalnya bagus, tapi kita satukan supaya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik bisa lebih terintegrasi,”  jelas Budi Arie Setiadi dalam pernyataan resminya dikutip pada Senin (28/8).

Dengan adanya aplikasi info sebagai one stop service for public information, lanjut dia, masyarakat tak perlu lagi repot mencari lokasi informasi publik di setiap Badan Publik Negara. Cukup dengan mengakses aplikasi ini saja.

Dalam menyediakan layanan terintegrasi ini, Kemenkominfo mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas. sebab, hal tersebut yang dibutuhkan oleh masyarakat di era digital.

“Publik yang menginginkan pelayanan digital lebih terkoneksi. Masyarakat hanya cukup mendaftar sekali ke aplikasi ini. Jadi goal dan tujuannya jelas, masyarakat maupun publik juga lebih mudah untuk mengaksesnya. Tidak perlu berkali-kali mendaftarkan akun ke berbagai aplikasi serupa di badan publik lainnya,” kata Budi Arie.

Menkominfo Budi Arie juga turut berharap pihaknya untuk terus berupaya melakukan inovasi dalam mengelola aplikasi info.go.id. Guna dapat menyediakan sistem yang baik di masa depan.

Dirinya turut menyinggung situs foia.gov milik Amerika Serikat sebagai rujukan. Sebab, aplikasi itu dapat menyampaikan permintaan informasi publik ke seluruh badan publik di negara tersebut.

“Saya rasa ada banyak fitur layanan yang dapat dipelajari dari foia.gov milik pemerintah Amerika Serikat,” ungkapnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

WhatsApp Mungkinkan Pengguna Bikin Grup Tanpa Nama
Aplikasi

WhatsApp Mungkinkan Pengguna Bikin Grup Tanpa Nama

Gadgetdiva.id — WhatsApp baru saja meluncurkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya me..

Resmi! Meta Sediakan Platform Thread Versi Web
Aplikasi

Resmi! Meta Sediakan Platform Thread Versi Web

Gadgetdiva.id — Setelah dinanti banyak pengguna, akhirnya Meta meluncurkan platform Thread..

Pinterest Perluas Fitur Keamanan untuk Remaja
Aplikasi

Pinterest Perluas Fitur Keamanan untuk Remaja

Gadgetdiva.id — Platform media sosial Pinterest dikabarkan telah memperluas fitur keamanan..

Puncak Musim Kemarau, Penjualan Layangan Naik 4,5 Kali Lipat di Tokopedia
Aplikasi

Puncak Musim Kemarau, Penjualan Layangan Naik 4,5 Kali Lipat di Tokopedia

Gadgetdiva.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa puncak..


;