Aplikasi

Jaga Integritas Pemilu 2024, TikTok Indonesia Kolaborasi dengan Bawaslu

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — TikTok Indonesia dan Badan Pengawas Pemilihan Umum RI (Bawaslu) mengumumkan kolaborasi dalam rangka menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Peresmian kolaborasi tersebut berlangsung pada Senin (18/9).

Kolaborasi tersebut diwujudkan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang berlangsung di kantor Pusat Bawaslu, Jakarta. Tujuannya ialah untuk mengawasi, menangani konten disinformasi, percepatan penyebarluasan informasi terkait Pemilu 2024 serta menyediakan inforamsi yang akurat pada masyarakat.

Platform Bijak Demokrasi, Ajak Anak Muda Kawal Demokrasi Tanah Air

“Kami senang dapat memulai kemitraan inovatif ini dengan TikTok dan mendapatkan kesempatan untuk memanfaatkan kekuatan teknologi guna mencapai pemilu yang adil dan transparan,” ungkap Katua Bawaslu RI Rahmat Bagja dalam pernyataan resmi dikutip Selasa (19/9).

Salah satu upaya yang dilakukan dalam menjaga keamanan platform tersebut mencakup tindakan seperti menghapus konten yang melanggar Panduan Komunitas TikTok. Platform turut menghimbau pengguna untuk memepertimbangkan kembali video yang akan diunggah.

TikTok

Saat fact checker, platform menemukan konten yang tiak memenuhi syarat, video tersebut tidak akan direkomendasikan di halaman For You (FYP) atau langsung dihapus dari konten. Termasuk mencegah akun yang mencoba mengunggah konten serupa berulang kali.

“Kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan digital yang aman bagi pengguna dan menjaga integritas pemilu melalui kebijakan dan sumber daya yang holistik dalam aplikasi,” ungkap Head of Public Policy and Government Relations TikTok Firry Wahid.

TikTok sendiri telah emngembangkan kebijakan untuk Akun Pemerintah, Politisi dan Partai Politik untuk mencegah penyalahgunaan platform dalam proses kampanye politik. Ke depannya, platform akan meluncurkan fitur yang berisi semua informasi mengenai Pemilu 2024.

Fitur tersebut merupakan wujud dari kolaborasi antara kedua pihak. Dengan tujuan untuk membantu pengguna mendapatkan informasi yang sah terkait persyaratan dan proses pemungutan suara.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

TikTok Uji Coba Fitur Video Berdurasi 60 Menit
Aplikasi

TikTok Uji Coba Fitur Video Berdurasi 60 Menit

TikTok melakukan uji coba untuk fitur video berdurasi 60 menit. Pengujian itu tersedia untuk sekelo..

Platform Bijak Demokrasi, Ajak Anak Muda Kawal Demokrasi Tanah Air
Aplikasi

Platform Bijak Demokrasi, Ajak Anak Muda Kawal Demokrasi Tanah Air

Think Policy dan What Is Up, Indonesia? meluncurkan platform Bijak Demokrasi pada Selasa (21/5). Yak..

RIP ICQ, Anak 90-an Berduka
Aplikasi

RIP ICQ, Anak 90-an Berduka

ICQ, layanan pesan instan legendaris, akan berhenti beroperasi mulai 26 Juni setelah 28 tahun. Platf..

Trending di Twitter, Apa Itu Smadav?
Aplikasi

Trending di Twitter, Apa Itu Smadav?

Kata Smadav menjadi trending topic dan menempati urutan ke-5 saat artikel ini diturunkan. Awalnya, k..


;