Deretan Fitur Baru WhatsApp Business untuk UMKM

0
WhatsApp Business

Gadgetdiva.id — WhatsApp Business meluncurkan beragam fitur baru yang memudahkan para pelaku usaha. Deretan fitur tersebut dihadirkan dalam acara WhatsApp Business Summit, hari ini, Rabu (1/11).

Dalam kesempatan tersebut, Country Director Meta Indonesia Pieter Lydian bahwa masyarakat Indonesia menggunakan WhatsApp untuk mengirim pesan ke teman, keluarga hingga bisnis. Kini, telah ada sekitar 600 juta percakapan yang terkoneksi dengan bisnis di Meta setiap harinya.

WhatsApp Business

Sementara, sejak 2022, percakapan sehari-hari antara individu dan bisnis pada WhatsApp di Indonesia meningkat 2 kali lipat. Sebab itu, pihaknya ingin mengembangkan kembali ekosistem digital di Indonesia.

“Setiap hari di Meta, ada 600 juta percakapan dimana orang-orang terhubung pada bisnis. Kalau kita bawa hal ini kembali ke (masyarakat) publik Indonesia, kita melihat statistik yang lebih luar biasa lagi. Jika dibandingkan dengan 2022 dan 2023, pertambahannya dua kali,” ungkap Peter saat pembukaan acara WhatsApp Business Summit di Jakarta Selatan.

WhatsApp Business meluncurkan beberapa fitur baru yang dapat meningkatkan pengalaman penggunanya. Apa saja sih?

Deretan Fitur Baru WhatsApp Business

Fitur pertama yang dihadirkan ialah Flows. Fitur ini memungkinkan para pelaku bisnis untuk menyediakan berbagai pengalaman.

Salah satu contohnya ialah memilih kursi pesawat dengan cepat atau membuat janji pertemuan tanpa harus meninggalkan chat. Melalui fitur ini, pelaku bisnis dapat menyediakan berbagai pilihhan menu dengan lengkap dan formulir yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumennya.

WhatsApp Business

Para pelaku bisnis yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business dapat menerima Verifikasi Meta. Dengan verifikasi ini, pengguna dapat berinteraksi dengan akun bisnis resmi.

Untuk mendapatkan verifikasi, pelaku bisnis perlu menunjukkan keaslian toko pada Meta. Kemudian, bisnis akan mendapatkan lencana terverifikasi dengan duungan akun yang ditingkatkan dan perlindungan dari peniruan.

Bagi pebisnis yang ingin mendaftar, Verifikasi Meta ini akan menghadirkan fitur premium tambahan. Dimana memungkinkan pengguna untuk membuat halaman WhatsApp khusus sehingga memudahkan mereka untuk melakukan pencarian web. Kemudian, juga ada dukungan multi perangkat supaya para karyawa dapat menanggapi pelanggan.

WhatsApp Business

Tak hanya itu, dalam kesempatan yang sama, WhatsApp Business juga menghadirkan layanan Alfagift. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi katalog produk secara online, melakukan pemesanan barang hingga menyelesaikan pembayaran dalam website Alfamart.

Setelah melakukan semua proses tersebut, pesanan akan diantar ke alamat konsumen dari Alfamart terdekat. Pengalaman ini akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang.

WhatsApp Business

Dalam waktu dekat ini, WhatsApp juga akan meluncurkan solusi dengan tenaga AI untuk membantu pelaku bisnis. Solusi tersbeut kini sedang dalam proses pengujian.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan