Hati-hati! Google Peringatkan Pengguna Gmail untuk Hal Ini

0
Gmail

Gadgetdiva.id — Google menyatakan bahwa pihaknya akan menonaktifkan seluruh akun yang tak aktif selama dua tahun. Hal tersebut mengikuti rencana untuk menghapus jutaan akun Gmail yang tidak aktif.

Melansir dari Gizmochina, penghapusan akun Gmail yang tidak aktif ini merupakan bagian dari pembaruan besar-besaran pada layanan email tersebut. Semua akun Gmail pribadi yang tidak aktif setidaknya selama dua tahun akan terpengaruh oleh pembersihan tersebut.

Sebelumnya, Google mengumumkan kebijakan tersebut awal tahun 2023 ini. Pihaknya diperkirakan akan mulai memberlakukan kebijakan tersebut pada awal bulan Desember 2023.

Google menyatakan bahwa mereka akan memperbarui inactivity policy untuk akun Google menjadi dua tahun pada semua produk Google. Termasuk membatasi jumlah waktu yang dapat digunakan Google untuk menyimpan informasi pribady yang tidak terpakai dari akun yang tidak aktif.

Langkah Google untuk menghapus akun Google yang tidak aktif memiliki implikasi keamanan positif. Hal ini diharapkan dapat melindungi pengguna Google yang aktif dari ancaman keamanan seperti Phishing, pembajakan akun dan penipuan.

Bagi akun Google yang tidak aktif memiliki risiko lebih tinggi untuk disusupi oleh peretas. Pemilik akun Gmail yang tidak aktif atau yang dinonaktifkan akan dirikirimi beberapa pemberitahuan sebelum tindakan apapun yang diambil.

Alamat email pemulihan terlampir dari akun yang terkena dampak juga akan dikirimi pemberitahuan. Google memang sudah mulai mengirimkan email ke akun yang terkena dampak tersebut.

Pemilik akun yang memiliki risiko penghapusan akun, dapat mencegahnya dengan membuka atau mengirimi email, membuka Google Drive atau mengunduh aplikasi dari Google Play Store. Mereka juga dapat dengan mudah melakukan pencarian Google saat mereka masuk ke akun.

Gmail telah berkembang menjadi platform email yang sangat besar dan terus berkembang. Mereka memiliki daya tarik dimana-mana.

Google menyatkan bahwa setiap akun yang telah memposting video Youtube tidak akan terpengaruh, terlepas dari kapan pun akun tersebut terakhir kali aktif.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan