Spotify Akan PHK Ribuan Tenaga Kerja

0
Spotify
Foto: Reuters

Gadgetdiva.id — Spotify dikabarkan akan memberhentikan 17 persen tenaga kerja. Merupakan PHK besar-besaran ketiga yang telah dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Diketahui bahwa jumlah total karyawan Spotify kini mencapai 9.241 orang. Sedangkan, PHK ini akan berdampak pada 17 persen karyawannya atau sekitar lebih dari 1.500 orang.

Dalam pernyataan resminya CEO Spotify Daniel Ek menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi yang melambat dan kenaikan biaya menjadi penyebab dari pemangkasan sejumlah karyawannya ini. Menurutnya, akan membuat Spotify menjadi perusahaan yang lebih ramping.

“Saat ini, kami masih memiliki terlalu banyak orang yang berdedikasi untuk mendukung pekerjaan dan bahkan melakukan pekerjaan di sekitar pekerjaan tersebut daripada kontribusi pada peluang yang memiliki dampak nyata,” ungkap Ek dalam pernyataan resminya yang dikutip dari The Verge pada Senin (4/12).

Ek menyatakan bahwa ini merupakan PHK besar-besaran ketiga yang dilakukan Spotify tahun ini. Pada bulan Januari, perusahaan menyatakan bahwa mereka akan memberhentikan sekitar 6 persen stafnya atau sekitar 600 karyawan.

Kemudian, mereka mengumumkan akan memangkas 200 pekerja dari divisi podcast pada bulan Juni lalu. Selain itu, Spotify juga telah mengambil langkah untuk meningkatkan pendapatan dengan menaikkan harga beberapa paketnya di berbagai pasar. Termasuk di antaranya ialah Amerika Serikat selama musim panas.

PHK ini terjadi setelah jumlah karyawan Spotify meningkat secara signifikan selama pandemi. Yakni, dengan jumlah karyawan hampir dua kali lipat dalam tiga tahun terakhir menurut The Wall Street Journal.

Dalam memonya, Ek membela keputusannya untuk mengembangkan tim selama periode tersebut. Alih-alih, menyatakan bahwa “kami sekarang berada dlam lingkungan yang berbeda.”

Karyawan yang terkena dampak dari PHK terbaru Spotify ini akan menerima pesangon sekitar lima bulan kerja. Selama itu, perusahaan akan terus menanggung biaya perawatan kesehatan mereka.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan