Aplikasi Terbaik di Google Play Indonesia Sepanjang 2023

0
aplikasi terbaik di google play
Logo Google Play lama

Gadgetdiva.id — Aplikasi terbaik di Google Play telah digelar sejak kemunculannya di 2008. Sampai saat ini ada sekitar 3,718,000 aplikasi memenuhi platform tersebut. Dari jutaan aplikasi, beberapa dianggap terbaik.

Tahun ini, aplikasi terbaik di Google Play Indonesia jatuh kepada Gopay. Pasalnya, menurut pihak Google, dari 12 kategori yang ada, Gopay menduduki posisi atas untuk 3 kategori besar. Yakni Best App, User’s Choice App, dan Best Everyday Essentials.

“Aplikasi untuk Para pemenang tahun 2023 mencerminkan hal-hal yang paling penting bagi masyarakat saat ini. Mulai dari aplikasi yang membantu kita memikirkan kembali masa depan dan peran kita di dalamnya, hingga game yang membantu kita mengembangkan komunitas dan kreativitas,” ujar Kunal Soni, Direktur Google Play untuk Asia Tenggara dan Australia, dalam keterangan resminya, Kamis, 7 Desember 2023.

aplikasi terbaik di google play
Foto: Ilustrasi Google Play

Menurut Kunal, baik bermain game singkat dan seru bersama Paw Rumble atau menjelajahi imajinasi bersama Karyakarsa, setiap tahun Google memberikan penghargaan kepada aplikasi dan game terbaik di Google Play serta developers aplikasi yang mewujudkannya di semua jenis perangkat, merayakan keberanian dan kreativitas yang menjangkau publik, di mana pun mereka berada.

“Tahun ini, Google Play’s Best of 2023 menampilkan banyak tren dan evolusi di masyarakat mulai dari Essential apps, Hidden Gems, Apps for Good, hingga tambahan kategori terbaru: Best with AI,” papar Kunal.

Kunal menjelaskan, di Indonesia, tahun ini menginspirasi masyarakat Indonesia untuk mengevaluasi kembali pendekatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sementara para developer aplikasi dengan berani menghadapi tantangan besar dan secara kreatif menawarkan solusi berbasis teknologi, memikirkan kembali bagaimana kita dapat meningkatkan diri dan berkontribusi kepada masyarakat.

“Aplikasi seperti Skorlife, sebuah aplikasi manajemen kredit yang salah satunya berupa informasi kredit dan perencanaan pribadi, membantu masyarakat menjadi lebih melek finansial. Ada juga Rekosistem yang membantu masyarakat mengelola sampah mereka secara bertanggung jawab. Kemudian muncul Surplus yang bertujuan mengatasi tantangan sampah makanan dengan menciptakan pasar online yang memungkinkan publik membeli makanan dari restoran, hotel, toko roti, peternakan, supermarket, dan penjual eceran, yang memiliki sisa makanan utuh dan aman yang belum terjual. Tidak hanya bagi masyarakat luas, namun juga muncul melalui aplikasi seperti Obesitylab, sebuah aplikasi yang membantu orang merencanakan makanan dan mengatur berat badannya,” jelasnya.

Saat ini Google Play memungkinkan pengembang aplikasi dari semua skala dari mana saja di Indonesia untuk membangun bisnis yang sukses dengan memberdayakan mereka untuk menciptakan pengalaman menarik dan berkualitas tinggi bagi miliaran pengguna Android di Indonesia dan di seluruh dunia.

“Ini adalah rumah bagi lebih dari 10.000 developers di Indonesia yang telah menemukan inspirasi dan membangun bisnis yang berkembang; dan ekosistem terbuka Google Play tidak hanya mendorong inovasi tetapi juga membantu menghasilkan manfaat pendapatan sebesar Rp1,5 triliun bagi pengembang lokal pada tahun 2022. Kami tetap berkomitmen untuk mendukung ekosistem dan membantu developers lokal membuat aplikasi dan game luar biasa untuk 2,5 miliar pengguna bulanan Google Play di seluruh dunia.” katanya.

Daftar Pemenang Aplikasi Terbaik di Google Play Indonesia 2023

  1. Best App of 2023 – GoPay: Transfer & Payment
  2. Users’ Choice Winner – GoPay: Transfer & Payment
  3. Best for Fun – KaryaKarsa: Baca & Buat Cerita
  4. Best for Personal Growth – TipTip: Komunitas & Kreator
  5. Best Everyday Essentials – GoPay: Transfer & Payment
  6. Best Hidden Gems – Teduh – Therapy & Meditation
  7. Best App for Good – Skorlife
  8. Best with AI – SNOW – AI Profile
  9. Best Multi-device App – Spotify: Music and Podcasts
  10. Best for Watches – WhatsApp Messenger
  11. Best for Tablets – Concepts: Sketch, Note, Draw
  12. Best for Chromebooks – FlipaClip: Create 2D Animation

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan