Ikutan Spotify, Apple Music Mungkinkan Pengguna Bikin Collaborative Playlist

0
Apple Music
Foto: Pexels/Brett Jordan

Gadgetdiva.id — Apple Music meluncurkan sebuah fitur baru yang memungkinkan penggunanya dapat saling membuat playlist kolaborasi alias collaborative playlist mirip punya Spotify. Bagaimana sih cara pakainya?

Menurut TechCrunch, Collaborative playlist milik Apple Music ini dibawa bersamaan dengan pembaruan iOS 17.3. Sama seperti namanya, pengguna dapat membuat playlist kolaboratif bersama teman maupun keluarga.

Melalui fitur ini, mereka dapat saling mengundang untuk memilih lagu bersama dalam satu playlist. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan emoji sebagai bentuk reaksi terhadap lagu tertentu.

Collaborative Playlist
Fitur collaborative playlist di Apple Music

Fitur ini juga akan menjadi cara mudah bagi pengguna untuk berbagi lagu dengan orang lain dalam satu playlist. Sehingga, mereka dapat menentukan “soundtrack” untuk setiap momen yang akan dilewati bersama teman-teman maupun anggota keluarganya.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna perlu menavigasi ke playlist. Kemudian, pilih tombol “Collaborate” yang ada di sebelah ikon unduh pada sudut kanan atas layar. Kamu dapat mengundang pengguna lainnya dalam playlsit tersebut.

Pengguna yang diundang akan menerima SMS untuk bergabung dalam playlist. Setiap orang dapat memiliki opsi untuk menambah, menghapus atau menyusun ulang lagu.

Playlist Collaborative awalnya dapat diluncurkan bersamaan dengan peluncuran iOS 17. Namun, Apple sebelumnya mencatat bahwa hal tersebut ditunda hingga tahun 2024.

Apple juga menyatakan bawha pengguna kini dapat menggunakan fitur SharePlay. Yakni, memungkinkan pengguana tetap streaming musik melalui Apple Music saat berada di dalam mobil.

Perangkat iPhone lainnya akan mendapat undangan untuk bergabung dalam sesi tersebut. Pengguna kemuidan dapat mengontrol musik dari perangkat mereka sendiri, meski mereka tidak berlangganan Apple Music.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan