Chatbot AI Milik Amazon, Rufus Siap Jadi Teman Belanjamu

0
jeff bezos

Gadgetdiva.id — Amazon meluncurkan sebuah asisten belanja bertenaga AI yang dinamakan Rufus. Platform berjenis chatbot tersebut resmi dikenalkan pekan lalu.

Rufus dirancang untuk menghadirkan pengalaman generatif AI yang telah dilatih dengan katalog produk, review pelanggan, tanya jawab komunitas dan informasi dari seluruh web. Sehingga, chatbot tersebut nantinya dapat menjawab pertanyaan pelanggan terkait kebutuhan mereka saat berbelanja, membantu mereka dalam menentukan produk yang ingin dibeli hingga membantu para penjual mengiklankan produk mereka.

Amazon membangun Rufus menggunakan bahasa LLM internal terbaru yang dikhususkan untuk pengalaman berbelanja. Perusahaan melatihnya menggunakan data serta data-data lainnya yang tersedia secara publik di internet. Namun, tak disebutkan apakah data tersebut mencakup situs ritel lain yang tersedia untuk umum.

Lebih dari itu, chatbot AI ini juga diklaim dapat membantu pengguna dalam membandingkan produk atau membuat rekomendasi. Misalnya, Paradiva bisa menanyakan hal spesifik seperti “Hadiah apa yang bagus untuk Hari Valentine?” atau “Mainan dinosaurus apa yang terbaik untuk anak usia lima tahun?”.

Rufus Intinya, kamu dapat menggunakannya selayaknya menggunakan chatbot lainnya seperti ChatGPT dari OpenAI atau Bard dari Google. Rufus sendiri awalnya akan tersedia dalam versi beta untuk pelanggan tertentu di AS.

Mengenal Chatbot AI Rufus

Chatbot ini akan tersedia di dalam aplikasi seluler Amazon. Untuk menggunakannya, pengguna dapat mengetuk tombol baru di bikah navigasi bawah. Kemudian, kamu dapat mengetik atau menyampaikan pertanyaan dalam kotak dialog obrolan AI yang muncul di bagian bawah layar.

Rufus

Menurut laporan TechCrunch, Amazon menyatakan kalau versi beta ini akan membantunya dalam meningkatkan produk dan inisiatif AI generatifnya seiring berjalannya waktu. Perusahaan berjanji untuk terus meningkatkan model AI dan menyempurnakan respons supaya Rufus semakin berguna.

“Ini masih tahap awal untuk generatif AI, dan teknologinya tidak selalu tepat,” kata perusahaan dalam sebuah postingan blog.

Amazon turut memastikan bahwa chatbot tersebut tidak akan menampilkan iklan saat peluncuran. Akan tetapi, elemen tambahan akan ditambahkan ke pengalaman Rufus seiring berjalannya waktu jika elemen tersebut menambah nilai bagi pelanggan.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan