Aplikasi

Tanggapan Gojek Soal THR Ojol untuk Lebaran Idul Fitri 2024

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Gojek memberi tanggapan soal imbauan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI terkait pemberian THR (Tunjangan Hari Raya) untuk ojol pada lebaran Idul Fitri 2024 mendatang. Alih-alih, perusahaan memberi insentif bagi mitra pengemudinya.

SVP Corporate Affairs Gojek Rubi W. Purnomo menyatakan bahwa keterkaitan antara perusahaan dan ojol ialah hubungan kemitraaan. Ini artinya, para pengemudi bukan termasuk dalam bentuk hubungan kerja seperti Perjanjian Kera dengan Waktu Tertentu (PKWT), PKWTT atau hubungan kerja lainnya.

Elon Musk Tolak Tawaran Trump untuk Beli Truth Social

Hal tersebut sesuai dengan Permenaker 5 Tahun 2021 Pasal 31 dan Permenhub 12/2019 Pasal 15. Namun, pihaknya terus berupaya untuk mendukung upaya pemerintah dalam menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Gojek.

“Kami menghormati himbauan yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan serta senantiasa mengikuti peraturan pemerintah dan regulasi yang berlaku,” ungkap Rubi dalam pernyataan resminya, Rabu (20/3).

Sebelumnya, Kemenaker menghimbau para perusahaan penyedia layanan ojek online untuk memberi THR kepada pengemudi. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (PHI JSK) Indah Anggoro Putri.

Indah menyatakan bahwa pengemudi ojek online dan kurir logistik termasuk dalam kategori PKWT. Artinya, mereka berhak menerima THR sesuai dengan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor M/2/HK.04/III/2024.

Sesuai imbauan, adapun bentuk, besaran dan mekanisme THR yang dapat diberikan dalam berbagai bentuk. Hal tersebut disesuaikan oleh masing-masing aplikator.

“Ojek online termasuk yang kami imbau untuk dibayarkan (THR Lebaran) walaupun hubungan kerjanya adalah kemitraan tetapi masuk dalam kategori pekerja waktu tertentu atau PKWT. Jadi ikut dalam coverage SE THR ini,” kata dia dikutip dari Kumparan pada Senin (18/3).

Alih-alih memberi THR kepada para pengemudinya, Gojek telah memiliki Swadaya yang ditujukan untuk meringankan biaya operasional mitra pengemudi mereka. Program tersebut telah dilakukan sejak 2016.

Program Gojek Swadaya

Gojek Swadaya menghadirkan beragam program khusus pada momen-momen tertentu di Indoensia. Khususnya, pada bulan Ramadan dan Lebaran.

Tahun ini, Gojek Swadaya kembali memberi program yang dapat dinikmati oleh para pengemudi. Di antaranya sebagai berikut.

Gojek

1. Swadaya Mudik, berupa potongan harga bagi kebutuhan persiapan mudik mitra driver seperti pulsa, perawatan kendaraan, pengecekan kesehatan, dan lainnya.

2. Bazar Swadaya yang menyediakan sembako dengan harga terjangkau.

3. Mega Kopdar _halal bi halal_  dengan berbagai hadiah menarik bagi mitra driver.


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Youtube Music Mungkinkan Pengguna Cari Lagu dengan Senandung
Aplikasi

Youtube Music Mungkinkan Pengguna Cari Lagu dengan Senandung

Gadgetdiva.id — Pengguna aplikasi Youtube Music nantinya dapat mencari lagu dengan bersenan..

Elon Musk Tolak Tawaran Trump untuk Beli Truth Social
Aplikasi

Elon Musk Tolak Tawaran Trump untuk Beli Truth Social

Gadgetdiva.id — Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pernah menawarkan platform med..

Bisa Split Bill, GrabFood Hadirkan Fitur Pendukung Baru
Aplikasi

Bisa Split Bill, GrabFood Hadirkan Fitur Pendukung Baru

Gadgetdiva.id – Grab hadirkan ragam fitur pendukung baru yang memanjakan pengguna layanan G..

Siap Siap Pengguna WhatsApp Bisa Mention Teman di Fitur Status
Aplikasi

Siap Siap Pengguna WhatsApp Bisa Mention Teman di Fitur Status

Gadgetdiva.id — Pengguna WhatsApp segera bisa mention pengguna lainnya lewat Status. Kini, ..


;